Ini Alasan Bulog Tulungagung Impor Beras 2 Ribu Ton Vietnam

Warga membeli Beras Bulog di Tulungagung.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA JatimPerum Bulog Kantor Cabang Tulungagung menyatakan bahwa serapan beras selama tahun 2023 sudah mencapai 100 persen. Untuk memenuhi kebutuhan cadangan daerah, akan diimpor beras sebanyak 2 ribu ton.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Wakil Kantor Cabang Bulog Tulungagung, Dwi Cahyo Andrianto mengkonfirmasi hal tersebut. Alasan impor beras adalah untuk cadangan di awal tahun 2024. Selain itu, harga beras impor lebih murah dibandingkan dengan harga dari petani.

"Bukan memilih, karena harga yang di petani sudah memang tidak bisa diserap lagi oleh bulog. Karena harganya 7 ribu gabah keringnya sudah tinggi sehingga kita tidak bisa mengambil," terang Dwi Cahyo Andrianto di Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Tulungagung, Selasa 19 Desember 2023.

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

Cahyo mengaku tambahan 2 ribu ton impor tersebut memang meminta, bukan alokasi dari Perum Bulog pusat. Karena kebutuhan tersebut untuk persiapan penyaluran bahan pangan di Januari sampai Maret 2024.

Dirinya menambahkan bahwa cadangan daerah sebanyak dua ribu ton tersebut tahan satu bulan. Sebenarnya dalan impor beras tidak hanya kali ini, sudah mendapat dari September 2023 lalu untuk memenuhi kebutuhan.

Bayi Kembar Siam di Tulungagung Dioperasi Pemisahan Tunggu 8-10 Bulan

"Saya rasa cukup. Kita ada masuk lagi 2 ribu ton beras dari vietnam LM untuk memenuhi 4 ribu ton nanti di tahun depan di Januari sudah 4 ribu ton," terangnya.

Sementara untuk total selama 2023, Kancab Bulog Tulungagung telah mendapat 7 ribu ton. Tidak hanya untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) serta ada Operasi Pasar Murah di wilayah kerja Kancab Bulog Tulungagung yang mencakup 3 kabupaten 1 kota.

Halaman Selanjutnya
img_title