PLN Kerahkan 4.782 Personel, Pastikan Listrik Tak Padam Saat Nataru di Jawa Timur

Petugas PLN mensimulasikan pengamanan pasokan listrik di Jawa Timur.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengerahkan 4.782 personel untuk menjaga keamanan dan keandalan pasokan listrik selama perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Jawa Timur.

Penjualan Listrik PLN di Jatim Tumbuh 6,79 Persen pada Triwulan I 2024

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo memastikan kondisi kelistrikan aman. Ia pun meminta seluruh jajaran PLN bersiaga penuh selama masa Nataru.

"Dari sisi pembangkitan kecukupan daya, dari sisi transmisi memastikan setiap jaringan transmisi, gardu induk dalam kondisi prima termasuk menghadapi cuaca ekstrem. Untuk distribusi, disiapkan suplai cadangan di lokasi kritis, selanjutnya agar diadakan briefing kesiapan ekstra, termasuk tim virtual command center dan yantek untuk penguatan keandalan pasokan listrik," papar Darmawan, Rabu 20 Desember 2023.

Konsumsi Listrik di Jatim Naik 3,30 Persen, Begini Cara Hemat Energi

Sementara itu, General Manager PT PLN UID Jawa Timur Agus Kuswardoyo menyampaikan bahwa dalam pengamanan Nataru kali ini, pihaknya telah mengerahkan lebih dari empat ribu personel. Bahkan PLN menjadikan seluruh kantor perusahaan di seluruh Jawa Timur sebagai Posko Nataru.

"Seluruh petugas kami akan berupaya maksimal menjaga keandalan pasokan listrik untuk memastikan kelancaran ibadah natal dan perayaan tahun baru 2024. Di Jawa Timur, sebanyak 4.782 personel yang terdiri dari pegawai, personel PDKB dan personel pelayanan teknik, command center akan siaga di 128 Posko tersebar," jelas Agus.

PT PLN Pastikan Pasokan Listrik PLTU Paiton Aman Selama Lebaran

Di Jawa Timur, terdapat sebanyak 726 lokasi prioritas pengamanan yang terdiri dari 332 rumah ibadah, 71 lokasi zona transportasi, zona pemerintahan 52 lokasi, zona pertahanan 72 lokasi, rumah sakit 102 lokasi, lokasi wisata 43 lokasi dan pusat perbelanjaan sebanyak 54 lokasi. Hal ini berlangsung selama masa siaga yakni 15 Desember 2023 sampai dengan 8 Januari 2024.

"Dalam melayani masyarakat nantinya personel PLN akan dilengkapi dengan peralatan pendukung antara lain 88 unit Genset Mobile, 199 Unit Gardu Bergerak (UGB), 49 unit UPS, 388 mobil yantek, 14 unit mobil crane, 16 unit skylift dan 452 sepeda ULC yang sudah dicek keamanan dan kesiapannya pada apel siaga serentak hari ini," lanjut Agus.

Halaman Selanjutnya
img_title