Ada Miskomunikasi, Dinkes Gresik Pastikan Pengurusan Surat Sehat KPPS Tak Gratis

Kepala Dinkes Kabupaten Gresik dr Mukhibatul Khusnah (kanan)
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA JatimDinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gresik merespon adanya polemik pungutan pengurusan surat sehat pendaftar Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS). Dinkes memastikan pengurusan surat sehat KPPS tidak gratis, melainkan ada biaya pengurusan sesuai dengan peraturan daerah (Perda).

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

Kepala Dinkes Kabupaten Gresik dr Mukhibatul Khusnah mengatakan ada miskominikasi antara pihaknya dengan KPU Gresik terkait pengurusan surat sehat pendaftar KPPS. Memang awalnya ada rencana digratiskan, tetapi hal itu masih dalam proses pembahasan. 

"Saat pembahasan belum selesai, ternyata ada pertemuan KPU dengan sejumlah pihak termasuk Dinkes. Saat itu perwakilan kami ditanya apakah gratis. Karena memang ada rencana seperti itu, akhirnya dijawab gratis," ujarnya, Jumat, 21 Desember 2023.

Kampanye Simpatik, Satlantas Polres Gresik Bagikan Coklat ke Pengendara

Dalam proses pembahasan jumlah peserta yang akan meminta surat sehat untuk KPPS mencapai 75 ribu atau tiga kali kebutuhan. Bukan jumlah kebutuhan sekitar 25 ribu. 

"Akhirnya kami menyepakati bahwa yang gratis adalah reagen kadar gula dan kolestrol. Sedangkan surat sehatnya tetap bayar Rp 20 ribu," ungkapnya.

Ketua Partai Gerindra Gresik Jadi Pendaftar Pertama Calon Bupati di Partai Demokrat

Khusnah menambahkan terkait adanya puskesmas yang memungut lebih dari Rp 20 ribu, pihaknya masih dalam proses kroscek. Sebab, ada pasien yang meminta tambahan tes kesahatan. Bukan hanya yang disyaratkan KPPS. 

"Kami masih minta data ke puskesmas-puskesmas terkait hal itu. Kami akan kroscek," terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title