PVMBG Sebut Letusan Gunung Dukono di Maluku Utara Lontarkan Abu Setinggi 4.000 Meter

Gunung Dukono meletus
Sumber :
  • Viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim-Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan telah terjadi letusan pada Gunung Dukono di Maluku Utara yang melontarkan abu vulkanik setinggi lebih kurang 4.000 meter.

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Ketinggian Letusan Abu Vulkanik Capai 1,5 Km

Laporan ini disampaikan oleh Petugas Pos Pengamatan Gunung Dukono, Sarjan Roboke dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu 3 Januari 2024.

"Erupsi terjadi pukul 06.52 WIT," katanya.

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 500 Meter

Sarjan menuturkan kolom abu tampak berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal mengarah ke barat daya. Ketika laporan itu dibuat erupsi masih berlangsung.

Dia merekomendasikan masyarakat yang berada di sekitar Gunung Dukono untuk tidak beraktivitas, mendaki dan mendekati Kawah Malupang Warirang dalam radius tiga kilometer. 

Erupsi 3 Kali dengan Letusan hingga 1 KM, Status Gunung Semeru Masih Siaga

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk selalu menyediakan masker penutup hidung dan mulut guna menghindari ancaman bahaya abu vulkanik pada sistem pernafasan.

Bagi masyarakat atau penambang pasir diminta untuk tidak beraktivitas di sepanjang aliran Sungai Muye di Desa Mamuya, Sungai Ruko di Desa Ruko, dan Sungai Mede di Desa Mede pada saat hujan turun di puncak Gunung Dukono untuk menghindari bahaya banjir lahar hujan. 

Halaman Selanjutnya
img_title