Ketum Fatayat NU Minta Kader di Daerah Turut Bantu Pemerintah Tangani Stunting

Ketua Umum Fatayat NU Margaret Aliyatul Maimunah saat mendampingi pemeriksaan ibu hamil
Sumber :
  • Imron Saputra/Viva Jatim

Lamongan, VIVA Jatim –Ketua Umum Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Margaret Aliyatul Maimunah meminta kepada seluruh kader di daerah agar ikut berperan aktif membantu pemerintah dalam menangani stunting.

Pulang Jenguk Orang Sakit, Remaja di Lamongan Dibacok dan Dibegal

Menurutnya, penanganan stunting tidak bisa dibebankan kepada satu pihak yakni pemerintah saja. Namun masyarakat seperti Fatayat NU juga sangat diperlukan sumbangsihnya.

Margaret  mengatakan, saat ini Fatayat NU sudah melakukan banyak hal misalnya dalam penanganan stunting seperti menginformasikan tentang pencegahan stunting dalam kegiatan yang dadakan Fatayat NU. Bahkan kegiatan positif ini Fatayat NU diganjar dengan sebuah penghargaan.

Calonkan Diri Jadi Bupati, Kepala BPKAD Lamongan Siap Mundur dari ASN

"Kita tidak bisa mengandalkan pemerintah dalam menangani stunting dan Fatayat NU tidak sekedar bicara soal agama tapi juga soal stunting. Alhamdulillah fatayat kita pernah mendapatkan penghargaan sebagai salah satu ormas yang ikut serta berpartisipasi aktif dalam upaya mencegah stunting," kata Margaret Aliyatul saat membuka Pelayanan kesehatan ibu hamil dan balita serta cegah stunting melalui emo demo di IAI Tabah, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Minggu 7 Januari 2024.

Margaret Aliyatul melanjutkan, kegiatan pelayanan kesehatan untuk pencegahan stunting yang dilakukan Fatayat NU juga bekerja sama dengan Prudential Syariah nantinya para peserta akan dilakukan pengecekan kesehatan edukasi tentang pencegahan stunting.

Ditumpangi Satu Keluarga, Mobil Pikap Tabrak Warung Lalu Terbalik

Selain itu kegiatan itu, wanita hamil juga akan dijelaskan makanan pendukungnya apa yang perlu diberikan, pemenuhan gizi sehingga bisa mencegah dan melahirkan anak dalam kondisi stunting dan nanti akan diperhatikan langsung.

"Setelah dari sini kita akan melanjutkan kegiatan yang sama di Jakarta. Jadi agenda ini kita nanti akan melakukan pemeriksaan kesehatan untuk para ibu hamil nanti dan edukasi tentang stunting," pungkasnya.