Plt Menpora Merespon Pihak yang Menolak Timnas Israel Bermain di Piala Dunia U 20 2023 

Timnas Israel U 20
Sumber :
  • Viva

Jatim – Setelah diangkat Plt Menpora, Muhadjir Effendy langsung dihadapkan dengan polemik Timnas Israel di Piala Dunia U-20 yang berlangsung di Indonesia 

Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23, Begini Komentar Erick Thohir

Timnas Israel menjadi sorotan menyusul aksi mereka terhadap penjajahan di Palestina. Sehingga pecinta sepakbola di Indonesia mengomentari keikutsertaan Israel dalam ajang Piala Dunia U 20 2023 di Indonesia.

Keamanan timnas Israel pun tak luput jadi pembicaraan jika nantinya mereka akan tetap tampil di ajang tersebut. Sejumlah pihak dari Indonesia sendiri mendesak agar pemerintah menolak kehadiran Israel. 

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

Terkait hal ini, Muhadjir belum bisa memberikan jawaban pasti. Dia menyebut dirinya akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk membahas hal ini. Namun, dia memastikan bahwa Indonesia akan tetap mendukung Palestina, dan berpegang pada UUD.

"Jadi ini masih harus koordinasi dan saya baru menyiapkan pihak-pihak terkait, segera saya kontak. Intinya, kita tetap berpegang pada komitmen. Ini bukan soal kebijakan, tapi undang-undang," kata Muhadjir di kantor Kemenpora, Kamis  16 Maret 2023. 

China dan Indonesia Komitmen Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

"Di dalam [pembukaan] undang-undang dasar di alinea pertama itu harus betul-betul dipegang tanpa kompromi. Jadi pegangannya adalah konstitusi, 'Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu' dan seterusnya," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI yang juga Ketua Panitia Lokal (LOC) Erick Thohir menyatakan timnas Israel di Indonesia akan aman. 

Halaman Selanjutnya
img_title