Doa dan Amalan Sunah di Malam Nisfu Syaban

Ilustrasi Bulan Syaban
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimNisfu Syaban adalah malam penuh kemuliaan bagi umat Islam. Jatuh pada hari ini, Sabtu, 24 Februari 2024. Nisfu Syaban juga disebut malam maghfirah atau malam pengampunan dosa. Allah SWT memberikan kesempatan kepada setiap hambanya untuk memperbaiki diri melalui pengampunan. 

Teguhkan Iman, Waspada Berbagai Fitnah Dajal di Akhir Zaman

Pada waktu-waktu mulia dalam Islam, seperti malam Nisfu Syaban ini kita memang dianjurkan untuk memperbanyak amalan sunnah. Mengutip dari NU Online, dalam kitab Qalyûbî wa ‘Umairah dijelaskan bahwa:

“Disunnahkan menghidupkan malam hari raya, Idhul Fitri dan Idhul Adha, dengan berdzikir dan shalat, khususnya shalat tasbih. Sekurang-kurangnya adalah mengerjakan shalat Isya berjamaah dan membulatkan tekad untuk shalat Subuh berjamaah. Amalan ini juga baik dilakukan di malam Nisfu Syaban, awal malam bulan Rajab, dan malam Jumat karena pada malam-malam tersebut doa dikabulkan.”

Kilas Balik Sejarah 4 Perang Besar dalam Islam di Bulan Syawal

Amalan sunnah yang dianjurkan di malam Nisfu Syaban:

1. Memperbanyak doa

Zakat Jadi Solusi Berantas Kemiskinan dan Tingkatkan Kepedulian Sosial

Sebagai umat Islam, kita dianjurkan untuk memperbanyak doa. Anjuran tersebut berdasarkan pada hadits riwayat Abu Bakar, Nabi Muhammad SAW bersabda, “(Rahmat) Allah swt turun ke bumi pada malam Nisfu Syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan).” (HR al-Baihaqi).

2. Banyak membaca dua kalimat syahadat

Halaman Selanjutnya
img_title