Kondisi Umat Islam di Akhir Zaman yang Digambarkan dalam Hadits Nabi

Ilustrasi Ramadan atau berdoa
Sumber :
  • Viva.com

Surabaya, VIVA JatimRasulullah SAW sebagai utusan telah memberikan gambaran tentang kondisi umat Islam di akhir zaman. Dalam beberapa hadits disebutkan bahwa di akhir zaman nantinya akan banyak terjadi fitnah, kemungkaran hingga rusaknya moralitas. Kesemuanya itu akan dihadapi oleh seluruh umat Islam.

Ustaz Adi Hidayat Sarankan Potong Kuku Begini

Dikutip dari VIVA, Rabu, 20 Maret 2024, sebuah buku Fikih Akhir Zaman karya Dr. KH. Rachmat Morado Sugiarto, Lc., M.A. Al Hafizh yang menjelaskan, bahwa adapun tanda-tanda kecil akhir zaman yang dimaksud adalah tanda-tanda yang terjadi setelah Rasulullah SAW wafat.

Lebih lanjut, para ulama menyebutkan bahwa fitnah dimulai dengan terbunuhnya khalifah ke-2, Umar bi Khattab. Sedangkan tanda-tanda besar hari kiamat adalah tanda-tanda yanng akan terjadi sanngat berdekatann dengan hari kiamat. 

Teguhkan Iman, Waspada Berbagai Fitnah Dajal di Akhir Zaman

Lantas, sebenarnya hadis apa saja yang menjelaskan terkait gambaran kondisi riil akhir zaman nanti, berikut penjelasannya. 

Hilangnya Rasa Malu

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

Dari Abu Hurairah dari Nabi SAW bersabda, "Demi jiwaku yang ada di tangan-Nya tidak hancur umat ini sehingga (datang satu masa) seorang lelaki mendatangi perempuan kemudian ia menghamparkan kasur untuknya di jalanan (untuk berzina). Kemudian datang seorang pilihan/mulia dari kaum itu mengatakan: Wahai fulan andai engkau menyembunyikannya di balik tembok ini". (HR Ahmad)

Tak Peduli Halal Haram

Halaman Selanjutnya
img_title