Bulan Ramadan Ternyata Bisa Obati Kebodohan hingga Penyakit Hati, Begini Caranya

Ilustrasi Ibu Marah, wanita berbaju pink
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Umat Islam di dunia telah melangsungkan ibadah Puasa Ramadan 1445 Hijriyah selama dua pekan. Sebagaimana mafhum diketahui, bahwa ibadah yang satu ini tidak hanya bermanfaat pada aspek keagamaan saja. Melainkan juga pada aspek kesehatan fisik. 

Jenis Rempah Ini Ampuh untuk Hilangkan Plak Dalam Pembuluh Darah

Beberapa manfaat ibadah puasa pada aspek keagamaan antara lain semakin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dan memperbanyak pahala. Kemudian manfaat pada aspek kesehatan fisik adalah mengontrol tekanan darah hingga dapat mengontrol gula dalam darah.

Lebih dari itu, puasa ternyata juga dapat membantu kita dalam mengatasi kebodohan dan beberapa penyakit hati yang dimiliki umat manusia. Antara lain suka menggunjing, penyakit tergesa-gesa, penyakit merasa lebih baik dan lebih hebat dari orang lain, dan penyakit kesedihan.

Tidak Sarapan di Pagi Hari Ternyata Makin Sehat, Begini Penjelasan Ahli

Kemudian penyakit malas, penyakit ketakutan, penyakit pengecut, penyakit kecemasan, penyakit pelit, penyakit hasad, penyakit buruk sangka, hingga penyakit hati yang sempit juga dapat hilang dengan berpuasa selama Ramadan.

Pendakwah yang juga praktisi herbal, dr. Zaidul Akbar mengungkap beberapa tips agar beberapa penyakit hati itu dapat hilang dengan puasa Ramadan. Dikutip dari VIVA, Senin, 25 Maret 2024, berikut ini penjelasannya.

Minum saat Makan tak Baik untuk Kesehatan, Sebaiknya Sebelum atau Sesudah

dr Zaidul Akbar mengungkap ada dua cara utama, pertama berpuasalah seperti puasanya para salafus sholeh atau orang sholeh terdahulu yaitu dengan mengurangi makan. Kedua memperbanyak tadabur Al-Quran (baca, tafsir, tadabur,menghafal).

“Toh 11 Bulan diluar Ramadhan sudah banyak kan kita makan..? Banyak, berlebihan, dan enggak sehat juga. Jadi Ramadhan harusnya gimana? Ya dikurangi, banyakin yang sehat dan banyakin alqurannya, barulah sang raja akan sehat , bersih dan suci kembali ,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title