2 Menteri Prabowo Subianto di Kabinet Merah Putih Asal Surabaya

Airlangga Hartarto dan Dody Hanggodo
Sumber :
  • Viva Jatim/M Dofir

Surabaya, VIVA Jatim – Presiden ke-8 Prabowo Subianto, melantik 48 menteri untuk menempati posisi strategis dalam Kabinet Merah Putih. Dari 48 tokoh, dua diantaranya berasal dari Surabaya.

Elim Tyu Samba Berharap Prabowo-Gibran Bawa Indonesia Sejahtera

Menteri kelahiran Surabaya yang dipilih Prabowo Subianto ialah Airlangga Hartarto. Mantan Ketua Umum Partai Golongan Karya ini ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Airlangga lahir di Surabaya pada tanggal 1 Oktober 1962, sehingga Bulan ini, putra dari pasangan Hartarto Sastrosoenarto dan Hartini Hartarto tersebut genap berusia 62 tahun.

Respons Adian PDIP soal Kabinet Merah Putih: Terlalu Banyak Meja

Airlangga menyelesaikan pendidikan di SMA Kolese Kanisius Jakarta pada tahun 1981. Politikus yang sempat masuk dalam Kabinet Presiden Joko Widodo ini kemudian melanjutkan kuliahnya di Universitas Gadjah Mada dengan jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik pada tahun 1987.

Setelah itu ia melanjutkan studi di AMP Wharton School, Universitas Pennsylvania dan lulus pada tahun 1993. Gelar MBA yang disandang Airlanngga diperoleh setelah lulus dari Universitas Monash, Australia, pada tahun 1996. Sedangkan gelar Master of Management Technology (MMT) didapat dari Universitas Melbourne, Australia, pada tahun 1997.

Keamanan Siber Jadi Tantangan Besar Kabinet Pemerintahan Presiden Prabowo

Selama kuliah, Airlangga dikenal aktif sebagai Wakil Ketua OSIS di SMA Kanisius, dan terpilih sebagai Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Teknik UGM, serta menjabat sebagai Ketua Barisan Muda KOSGORO 1957.

Pada 2019, ia dianugerahi gelar Doktor Kehormatan dalam Kebijakan Pembangunan dari The Korea Development Institute (KDI) School of Public Policy and Management di Korea Selatan. Pada tahun 2020, ia mendapatkan gelar Doctor Honoris Causa di bidang Manajemen Olahraga dari Universitas Negeri Semarang.

Halaman Selanjutnya
img_title