7 Keutamaan dan Fadhilah Shalat Tarawih di Bulan Ramadan

Ilustrasi Shalat Tarawih
Sumber :
  • lampung.viva.co.id

Jatim –Setiap memasuki bulan Ramadan, orang-orang selalu berlomba-lomba untuk melaksanakan kebaikan. Karena diketahui, di bulan ramadhan pahalanya akan dilipatgandakan ke dalam beberapa derajat serta beberapa keutamaan lainnya. Salah satu amal kebaikan yang biasa dilaksanakan secara rutinitas adalah sholat tarawih

Ramadan Berakhir, Saatnya Menghangatkan Ranjang dengan Gaya Ini!

Sholat Tarawih adalah sholat sunnah yang dilakukan pada bulan Ramadhan setelah sholat Isya. Sholat Tarawih dapat dilakukan secara berjamaah maupun sendiri-sendiri. Sholat Tarawih memiliki banyak keutamaan yang membuatnya menjadi salah satu ibadah yang sangat penting selama bulan Ramadhan. 

Imam Nawawi mengatakan bahwa shalaat malam di bulan Ramadan adalah shalat tarawih. Ada sebuah Hadits yang mengatakan bahwa shalat tarawih itu bisa mendatangkan maghfirah dan bisa menggugurkan segala dosa; tetapi dengan syarat karena bermotifkan iman; membenarkan pahala-pahala yang menjanjikan oleh Allah dan mencari pahala tersebut dari Allah. 

Bersama Instaperfect, Marsha Timothy Ajak Perempuan Ambil Langkah Baik di Bulan Ramadan

Shalat tarawih dilaksanakan bukan karena riya' atau sekadar kebiasaan kebiasaan. [Fathul Bari 4/251; Tanbihul Ghafilin 357-458; Majlis Ramadhan, 58; AtTamhid, 3/320; AI Ijabat Al Bahiyyah, 6] Hadits ini dipahami oleh para salafush shaalih, termasuk oleh Abu Hurairah sebagai anjuran yang kuat dari Rasulullah untuk melakukan qiyam Ramadhan (shalat tarawih, tahajud, dan lain-lain). [At Tamhid, 3/311-317: Sunan Abi Daud, 166] Dikutip dari almanhaj.or.id

Berikut ini adalah 7 keutamaan sholat tarawih: 

Awas Kehabisan, Berikut 5 Tempat Berburu Takjil di Malang

1. Meningkatkan Kualitas Ibadah Salah satu keutamaan sholat tarawih adalah meningkatkan kualitas ibadah kita. Dalam sholat Tarawih, kita membaca Al-Quran secara panjang lebar dan memperdalam pemahaman kita terhadap ayat-ayat Allah. Selain itu, sholat tarawih juga membantu kita memperbaiki kualitas sholat kita secara keseluruhan. 

2. Meningkatkan Kekhusyukan dan Ketakwaan Sholat Tarawih juga membantu kita meningkatkan kekhusyukan dan ketakwaan kita terhadap Allah. Dalam sholat Tarawih, kita meluangkan waktu untuk beribadah kepada Allah dan memperkuat hubungan kita dengan-Nya. Dengan demikian, sholat Tarawih dapat membantu kita memperdalam rasa takut dan cinta kita kepada Allah.

Halaman Selanjutnya
img_title