3 Perang dalam Sejarah Islam Ini Terjadi di Bulan Syawal, Simak Kisahnya

Ilustrasi perang
Sumber :
  • Viva.co.id

JatimSyawal merupakan satu di antara bulan istimewa dalam agama Islam. Ada banyak kejadian bersejarah yang terjadi di bulan Syawal dan bisa menjadi pembelajaran tersendiri bagi umat muslim. Salah satu tiga perang besar pernah terjadi di bulan Syawal. 

Kilas Balik Sejarah 4 Perang Besar dalam Islam di Bulan Syawal

Saat bulan Syawal, umat muslim dianjurkan untuk lebih meningkatkan ibadah dan amalan kepada Allah Swt. Lantas, apa saja kejadian bersejarah yang terjadi pada bulan Syawal dan dapatkah umat muslim mengambil pelajarannya?

Berikut daftar perang dalam sejarah islam yang pernah terjadi di bulan Syawal yang dirangkum kejadian bersejarah dari berbagai sumber sebagai berikut: 

Wali Kota Eri Cahyadi Sebut Rumdisnya adalah Rumah Masyarakat Surabaya

1. Perang Uhud

Perang Uhud yang pecah pada 15 Syawal, yakni tiga tahun setelah hijrahnya Rasulullah saw. Sebanyak 700 pasukan muslim berhadapan dengan 3.000 pasukan musyrik.

Hilal Terlihat di Sidoarjo dan Mojokerto, Idul Fitri Jatuh pada Rabu Besok

Awalnya, umat Islam mendominasi jalannya pertempuran. Orang-orang musyrik terdesak sehingga meninggalkan harta benda yang mereka bawa. Di sini sekelompok pasukan muslim yang bertugas sebagai pemanah di puncak-puncak bukit, lengah.

Khalid bin Walid yang saat itu masih kafir melihat celah itu lalu kemudian menyerang sisi pemanah sehingga pasukan Islam kocar-kacir. Kekalahan ini menyebabkan Rasulullah terluka parah.

Halaman Selanjutnya
img_title