7 Hari-hari Penting yang Dilarang Puasa Bagi Umat Islam, Nomor 3 dan 4 Diperhatikan

Ilustrasi Puasa Syawal
Sumber :
  • Viva.co.id

Jatim –Kalender Islam telah memasuki waktu di bulan Syawal. Umat muslim di seluruh dunia baru saja melewati hari kemenangan yaitu Idul Fitri, yang menandakan bahwa bulan Ramadhan telah berakhir.  Selama bulan Ramadhan, tentu ada beberapa orang yang secara sengaja atau tidak sengaja membatalkan puasa karena berbagai alasan. 

Mudik Gratis Sukses, DPRD Jatim Minta Tambahan Armada untuk Berikutnya

Biasanya mereka yang tidak berpuasa atau membatalkan puasanya pada bulan Ramadhan adalah kaum perempuan. Karena perempuan mengalami masa “merah” atau menstruasi yang memang tak diperbolehkan untuk berpuasa Ramadhan.

Nah, karena hal tersebut, maka umat muslim pun kini mulai mengganti puasa yang sempat ia tinggalkan atau batalkan. Tentu di hari-hari biasa, umat muslim dipersilakan untuk berpuasa, namun ada beberapa hari yang ternyata dilarang. Berikut hari-hari yang dilarang untuk berpuasa yang dirangkum Viva Jatim dari berbagai sumber:

Minim Pendonor, Stok Darah di PMI Tuban Menipis

1. Puasa di Hari Raya Idul Fitri 

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi seluruh umat Islam di dunia setelah sebulan lamanya menjalankan puasa Ramadhan. Maka dari itu, puasa saat Idul Fitri dilarang oleh Allah. Bahkan, seseorang yang berniat puasa di Hari Raya Idul Fitri, maka puasa yang ia jalankan hukumnya menjadi haram. Dari Umar bin Khathab ra, ia berkata:

Kilas Balik Sejarah 4 Perang Besar dalam Islam di Bulan Syawal

2. Puasa di Hari Raya Idul Adha 

"Sesungguhnya Rasulallah SAW melarang berpuasa di kedua hari raya. Pada hari raya Idul Fitri kamu berbuka puasamu dan pada hari raya Idul Adha kamu makan daging kurbanmu." (HR Bukhari Muslim)

Halaman Selanjutnya
img_title