Benarkah Mandi di Air Terjun Sedudo Nganjuk Bikin Awet Muda? Berikut Ulasannya

Air Terjun (Ilustrasi)
Sumber :
  • Istimewa

JatimDibalik pemandangannya yang indah dan eksotis, Kawasan Air Terjun Sedudo yang terletak di lereng Gunung Wilis tepatnya Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk juga mempunyai mitos yang unik.

Destinasi Wisata Jatim Jadi Favorit Wisatawan Nusantara, Total Transaksi Rp487 Triliun

Diantara mitos yang diyakini oleh para wisatawan dan sebagian masyarakat Kabupaten Nganjuk adalah mandi di air terjun Sedudo dapat membuat awet muda dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Salah satu warga Kecamatan Sawahan, Suyudi mengatakan air terjun sedudo pada masa kerajaan Majapahit dulunya kerap dipakai sebagai tempat ritual keagamaan. Salah satunya adalah memandikan arca atau senjata pusaka dalam upacara Parna Prahista yang kemudian sisa airnya dipercikkan untuk keluarga agar mendapat berkah keselamatan.

Petung Park Trawas, Rekomendasi Wisata Persawahan di Sebuah Desa yang Asri

Kemudian pada masa awal penyebaran agama Islam, kawasan ini merupakan tempat pertapaan Ki Ageng Ngaliman yang merupakan tokoh sentral dalam penyebaran agama islam di Kabupaten Nganjuk.

"Sebagai kawasan pertapaan Ki Ageng Ngaliman mempengaruhi kepercayaan masyarakat sekitar kalau tempat tersebut penuh berkah, penuh aura mistis, junjung drajad dan awet muda," jelasnya.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Air terjun Sedudo berada di ketinggian 1.438 meter di atas permukaan laut (dpl) di sisi timur kawasan Gunung Wilis dengan ketinggian air terjun sekira 105 meter. Lokasinya di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Selain menyajikan keindahan, destinasi wisata unggulan ini selalu lekat dengan kisah-kisah mistis.

Pada waktu-waktu tertentu ribuan masyarakat datang ke lokasi ini sekadar untuk berwisata atau melakukan ritual khusus. Dimas Cokro mencontohkan, pada kegiatan pada 1 Muharram atau yang dikenal dengan malam 1 Suro tempat ini selalu ramai dipadati para pengunjung.

Halaman Selanjutnya
img_title