Rahasia dan Cerita Mistis Keris Sumenep yang Berhasil Mendunia, Ada Tirakatnya

Lokasi Pembuatan Keris, Desa Aeng Tong-Tong
Sumber :
  • Jadesta.kemenparekraf

JatimCerita mistis Keris Sumenep Madura ini diolah  dari berbagai sumber. Cerita mistis Keris Sumenep ini memang sudah ada sejak zaman dahulu. Sejak zaman empu Kelleng Hingga beberapa cerita mistis yang beredar di tengah tengah masyarakat. 

Strategi Jitu Toko Kelontong Madura Saingi Indomaret dan Alfamart

Salah satunya misalnya sebagaimana keahlian warga Desa Aeng Tong Tong di Saronggi Sumenep dalam membuat keris tak lepas dari keberadaan empu Kelleng yang hidup di awal abad ke-13 di Kerajaan Sumenep.

Empu Kelleng kemudian menurunkan ilmunya yang mumpuni kepada anak angkatnya yang bernama Joko Tole.Akhirnya, Empu Keleng dan Joko Tole dipercaya sebagai empu sakti yang memiliki keahlian lengkap sebagai empu pembuat keris dari Sumenep.

Tenggelam di Gresik, Zainal Terseret Arus dan Ditemukan di Perairan Raas Sumenep

Di Pulau Madura terdapat cerita tutur yang menunjukkan betapa erat hubungan antara suku Madura dengan keris. Konon terdapat kepercayaan, apabila seorang perempuan sedang hamil, suaminya harus berusaha membuat sebilah keris yang nantinya diberikan kepada si anak. 

Besi yang akan dibuat keris diletakkan di bawah tempat tidur. Sang ayah harus menjalankan tirakat, misalnya berpuasa, untuk mendapatkan petunjuk Tuhan. Jika petunjuk sudah diperoleh, potongan besi itu harus diletakkan di tempat ramai, misalnya pasar. Jika potongan besi itu tidak terlihat oleh siapapun, besi itu dapat diproses menjadi keris. 

PKB Raih Suara Terbanyak Dapil Madura, Sisa Kursinya Diisi Pendatang Baru

Jika gagal, tirakat harus dilanjutkan lagi sampai berhasil. Besi itulah yang dinamakan “besi calon”, bahan untuk membuat keris.

Rahasia Para Empu Keris Aeng Tong Tong Sumenep 

Halaman Selanjutnya
img_title