Mbah Akad Calon Jamaah Haji Tulungagung Usia 103 Ungkap Resep Sehat

Kakek Akad Ponco Karso Ponco Rawi yang berusia 103.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Jatim – Ada yang menjadi perhatian diantara 1.170 calon jamaah haji (CJH) asal Tulungagung. Ia adalah Mbah Akad Ponco Karso Ponco Rawi yang saat ini telah berusia 103 tahun tampak kelihatan sehat, segar bugar seperti usia 60an.

Puluhan CJH Trenggalek Bermasalah, Gagal Berangkat karena Mengundurkan Diri

Berkesempatan Viva Jatim mengulik resep sehat yang dilakukan oleh Kakek Akad.

Ia mengenakan seragam CJH dibalut dengan kopiah hitam serta celana kain hitam. Berjalan untuk dimintai keterangan oleh awak media tampak bersemangat dan tanpa membutuhkan bantuan apapun.

Bikin Terharu, Jamaah Haji Umur 119 Tahun Ikut Pembekalan Diantara dengan Motor

"Usia saya 103 tahun, berangkat haji bersama anak saya perempuan nomor 2 mulai daftar 2016 lalu," ujar Akad dengan pelan selepas pelepasan calon jamaah haji di Pendopo Kongasarum Kusumaningbongso, Rabu 24 Mei 2023.

Dirinya mengatakan bahwa resep hidup supaya sehat dan panjang umur terletak pada mengelola perasaan dari dalam diri. Pasalnya, penyakit hati terkadang bisa timbul dan membuat penyakit secara klinis.

Gubernur Khofifah Berbagi Tips Sehat Untuk Calon Jamaah Haji Selama Ibadah di Tanah Suci

"Halah apa, pokoknya sabar, terkadang harus bisa mengalah. Makannya biasa tiwul, ampok juga mau. Apa saja, lauknya juga seadanya," jelasnya.

Kakek yang berdomisili di Campurdarat Tulungagung ini mengaku, jamu yang diminum hingga di usianya yang lebih dari 1 abad masih sehat adalah serba herbal. Bukan jamu yang digunakan awet sehat tidak berupa obat kimia.

Halaman Selanjutnya
img_title