Cerita Tongkat Ki Moko dan Hubungannya dengan Wisata Api Tak Kunjung Padam di Pamekasan Madura

Ilustrasi Api Tak Kunjung Padam Pamekasan Madura
Sumber :
  • Istimewa

JatimApi tak kunjung padam merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pamekasan Madura. Di balik kisah api yang tidak pernah padam tersebut, ternyata ada sosok Ki Moko di balik cerita sejarah yang beredar di tengah-tengah masyarakat, terurama tentang kesaktian tongkatnya yang menyembur air dan api. 

Kasus Anggota TNI Dikeroyok Warga di Pamekasan, Polisi: Masih Diselidiki

Dilansir dari berbagai sumber, Ki Moko pernah dikirim raja Brawijaya seroang Gadis bernama Suminten. Hal tersebut ada kaitannya dengan asal muasal timbulnya destinasi wisata Api Tak Kunjung Padam di Kabupaten Pamekasan Madura. 

Ki Moko merupakan salah satu tokoh penting dari adanya destinasi wisata Api Tak Kunjung Padam di Kabupaten Pamekasan Madura. Diketahui, Ki Moko hidup pada tahun 1605 Saka atau tahun 1683 Masehi. Ia merupakan seorang pengelana sakti penyebar agama Islam. Bernama asli Raden Wingyo Kenongo atau biasa disebut Ki Moko.

Strategi Jitu Toko Kelontong Madura Saingi Indomaret dan Alfamart

Beliau pada suatu waktu mendapatkan kabar bahwa putri dari kerajaan Sriwijaya sedang sakit keras tak kunjung sembuh. Setelah tabib dari berbagai penjuru tak mampu mengobati, Ki Moko mencoba peruntungan bagi putri raja dengan mengirimkan bumbung bambu.

Dalam bumbung bambu tersebut berisikan mata ikan dari berbagai jenis lalu Ki Moko kirimkan kepada raja Sriwijaya kala itu melalui seorang utusan. Raja Sriwijaya yang menerimanya merasa bahagia beserta putrinya, karena barang yang dianggap tak berharga justru bagaikan berlian baginya.

Tenggelam di Gresik, Zainal Terseret Arus dan Ditemukan di Perairan Raas Sumenep

Hal itulah yang menjadikan awal mula kesembuhan putri raja Sriwijaya hingga membuat sang raja berhutang Budi kepada Ki Moko. Raja Sriwijaya pun mengirimkan sebuah peti kepada Ki Moko, ketika dibuka ternyata berisikan gadis cantik bernama Siti Suminten.

Siti Suminten oleh raja Sriwijaya dihadiahkan kepada Ki Moko untuk dijadikan istrinya. Setelah melewati berbagai rintangan dan kegelisahan, Ki Moko pun menggelar pesta pernikahan dengan Siti Suminten.

Halaman Selanjutnya
img_title