Habib Umar Ulas Peran Kiai Hasyim sebagai Peletak Pondasi Agama yang Kuat

Habib Umar bin Hafidz
Sumber :
  • Tangkapan layar YouTube Nabawi TV

Jombang, VIVA Jatim – Seorang ulama kharismatik dari Tarim, Yaman, Habib Umar bin Hafidz memberikan kesaksian tentang kiprah Hadratussyaikh KH Muhammad Hasyim Asy'ari. Menurutnya, Kiai Hasyim telah meletakkan pondasi keagamaan yang kuat di kalangan masyarakat.

Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto

Kesaksian itu disampaikan Habib Umar saat menghadiri Multaqo Ulama di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Selasa, 22 Agustus 2023.

Di antara pondasi-pondasi kuat yang diletakkan Kiai Hasyim adalah berdirinya Pondok Pesantren Tebuireng. Sosok kiai yang tak lain adalah pendiri jam'iyah Nahdlatul Ulama itu, menurut Habib Umar, memiliki kontribusi besar dalam membangun beradaban umat manusia dengan kedalaman ilmunya.

Sebanyak 169 Anggota Perguruan Silat Diamankan Polisi di Jombang, Ada Apa?

"Lihatlah ini adalah peninggalan beliau. Mulai dari ajaran, ilmu, akhlak dan berdirinya pondok pesantren ini. Juga lingkungan yang beliau bina dengan keimanan, keyakinan, keikhlasan dan ketulusan. Serta perangai indah dan budi pekertinluhur di dalam bermuamalah dengan sesama," ungkap Habib Umar diterjemahkan Habib Jindan bin Novel.

Menurut Habib Umar, Kiai Hasyim adalah sosok ulama yang dekat dengan semua lapisan masyarakat. Mengayomi dan senantiasa menasihati masyarakat untuk memadamkan segala keburukan yang ada untuk kemashlahatan. Hal itu, adalah wujud daripada tiga perkara agung yang dipadukan oleh Kiai Hasyim, yakni ilmu, tazkiyah dan dakwah.

Tanah Bergerak Sebabkan Puluhan Rumah Warga di Jombang Rusak

"Beliau memadukan daripada tiga perkara yang Agung tentang masalah ilmu, tazkiyah dan dakwah di jalan Allah SWT. Beliau adalah orang yang dekat dengan semua lapisan masyarakat. Mengayomi mereka semuanya. Menasihati mereka semuanya. Dan beliau berupaya di dalam gerakan-gerakan yang beliau lakukan untuk memadamkan segala kejahatan-kejahatan dan keburukan-keburukan," lanjutnya.

Kiai Hasyim, lanjut Habib Umar, senantiasa istiqamah di dalam membantu segala kesulitan-kesulitan yang dialami masyarakat. Namun meski begitu, Kiai Hasyim bukanlah orang yang rakus akan kekuasaan atau jabatan yang dzahir. Sebab apapun yang dilakukan untuk umat, tidak lain karena didorong oleh ketulusan dan keikhlasan.

Halaman Selanjutnya
img_title