Berani Prabowo Pilih Gibran Jadi Cawapres

Golkar dukung Gibran sebagai cawapres Prabowo
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Keputusan Prabowo Subianto menggandeng Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) dinilai banyak pihak sebagai keputusan yang berani. Sebab, battleground atau medan perebutan suara Pilpres  2024 ialah di Jawa Timur dengan kantong suara dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU). Gibran tak mewakili itu.

Presiden Jokowi Ajak CEO Microsoft Kembangkan Teknologi AI dan Pusat Riset di IKN

Pakar politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, M Syaeful Bahar, berpendapat bahwa keputusan Prabowo memilih Gibran sebagai pertanda bahwa Prabowo dan partai koalisinya, Koalisi Indonesia Maju (KIM), lebih mempertimbangkan pengaruh Jokowi daripada NU.

“Pertama, Prabowo berani memilih pengaruh Jokowi dibandingkan NU dan suara Jawa Timur. Menurut saya, pilihan Prabowo tersebut yang memilih pengaruh Jokowi ini rentan. Karena isu intervensi kekuasaan di putusan MK akan membesar. Kekuatan civil society akan menyoal keputusan MK ini. Isu politik dinasti pasti akan menyulitkan pasangan ini,” kata Bahar kepada VIVA Jatim, Senin, 23 Oktober 2023.

Jawaban Anies Saat Ditanya Gabung Kabinet Prabowo, Takut Gede Rasa

Pakar politik UINSA Syaeful Bahar.

Photo :
  • Dokumen Syaeful Bahar

  

Anies Sapa Relawannya di Surabaya, Titip Tetap Jaga Gagasan Perubahan

Itu berbeda andai Prabowo menggandeng Erick Thohir atau Khofifah Indar Parawansa sebagai cawapres. Khofifah, lanjut Bahar, sudah jelas berasal dari Jatim dan merepresentasikan NU dengan Muslimatnya. Begitu pula dengan Erick Thohir yang kini diakui dekat dengan lingkungan pesantren dan NU, terutama Ansor dan Banser.

“Kedua, pilihan prabowo ke Gibran juga rentan menjadikannya common enemy bagi pasangan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin. Bahasa elit PDIP menunjukkan kemarahan mereka ke Jokowi. Dan kemarahan ini bisa menjadi pintu koalisi PDIP dan Pasangan Amin di putaran kedua, jika pilpres terjadi dua kali putaran,” ujar Bahar.

Halaman Selanjutnya
img_title