Mengenal Celebrity Solstice, Kapal Pesiar Jumbo yang Bersandar di Benoa

Kapal pesiar Cruise Celebrity Solstice di Pelabuhan Benoa, Bali.
Sumber :
  • Dokumen Pelindo 3

Denpasar, VIVA Jatim – Pelindo regional 3 kembali berhasil menyandarkan kapal berukuran jumbo. Kali ini giliran kapal pesiar Cruise Celebrity Solstice atau Celebrity Solstice yang mampir dan bersandar di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, pada Senin, 30 Oktober 2023.

Ansor Jatim Respons Polemik Warung Madura: Itu Konsep Nyata Ekonomi Kerakyatan

Kedatangan kapal pesiar Celebrity Solstice disambut langsung oleh Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritime dan Energi Kemenko Marves Jodi Mahardi, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemen Parekraf Vinsensius Jemedu, dan Direktur Strategi Pelindo Prasetyo.

Para wisatawan asing penumpang kapal pesiar raksasa tersebut kemudian turun untuk melihat-lihat dan merasakan suasana Pulau Dewata. Pihak Pelindo 3 juga menghadirkan sejumlah stand UMKM di area terminal penumpang yang akan memasarkan produkproduk lokal khas Bali, untuk memanjakan para turis penumpang kapal pesiar asal Jerman itu.

Tewas! Bule Amerika Terseret Arus Pantai Double Six Seminyak Bali

Untuk diketahui, Celebrity Solstice adalah kapal pesiar kelas Soltice yang dibangun oleh Meyer Werft di Papenburg, Jerman. Dioperasikan oleh Celebrity Cruise, kapal tersebut pertama kali diapungkan pada 10 Agustus 2008. Kapal ini menawarkan fasilitas yang mewah sehingga penumpangnya merasa sangat nyaman saat berlayar.

Kapal pesiar Celebrity Solstice adalah kapal terbesar yang pernah singgah di Pelabuhan Benoa. Kapal ini berbobot 121.878 GT dengan panjang 317 meter dan lebar 37 meter. Karena besar, kapal tersebut mampu membawa lebih dari tiga ribu orang. 

16 Tahun Adiluhung di Pelayaran Nasional, Bertekad Tingkatkan Kualitas Layanan

Saat bersandar di Benoa, Celebrity Solstice tercatat membawa 3.944 orang, terdiri dari 2.776 penumpang dan 1.168 orang kru kapal. Bagi Pelindo 3, itu adalah kapal terbesar yang bersandar di pelabuhan Benoa yang memiliki dermaga sepanjang 500 meter. Tentu saja persiapan matang dilakukan guna menyambut kapal raksasa tersebut.

“Ini adalah sejarah bagi kami melayani proses sandar kapal berukuran panjang lebih dari 300 meter di Pelabuhan Benoa. Jadi harus kami persiapkan dengan baik, salah satunya penyediaan Gangway,” kata Prasetyo dalam keterangan tertulis diterima VIVA Jatim.

Halaman Selanjutnya
img_title