Langit Surabaya Diselimuti Mendung, Sudah Masuk Musim Hujan?

Langit mendung di Jalan Ahmad Yani Surabaya
Sumber :
  • Viva Jatim/Mokhamad Dofir

Surabaya, VIVA Jatim – Langit di Kota Surabaya pada siang hari ini, Jumat 3 November 2023, nampak diselimuti awan gelap. Mendung perlahan bergerak sejak pukul 11.30 WIB dari arah utara ke selatan.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Apakah kondisi seperti ini, Kota Pahlawan telah memasuki musim hujan?

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Bandar Udara Juanda, I Made Kembar Tirtanegara menyampaikan, saat ini Kota Surabaya masih dalam musim kemarau. Menurutnya, musim hujan diprediksi baru akan terjadi di awal Bulan Desember 2023.

Gempa Terkini 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo

"Untuk wilayah Surabaya secara umum memasuki awal musim hujan pada awal Bulan Desember (2023). Namun beberapa minggu sebelum memasuki awal musim hujan juga bisa dapat terjadi hujan akibat masa peralihan atau pancaroba," jelasnya kepada Viva Jatim.

Lebih lanjut ia menjelaskan, hujan yang mengguyur pada saat musim kemarau cenderung durasinya lebih singkat dan tidak berlangsung setiap hari. Berbeda ketika sudah memasuki musim penghujan.

Waspada! Gelombang Setinggi 2,5 Meter di Sejumlah Wilayah Perairan Indonesia

"Kalau masa pancaroba hujannya tidak terjadi terus menerus dan biasanya waktunya lebih singkat dari pada musim hujan," lanjut dia.

Kendati hujan tak mengguyur setiap hari, Made berpesan agar masyarakat tetap waspada. Sebab pada saat masa peralihan seperti sekarang ini, penyakit akan mudah menyerang.

Halaman Selanjutnya
img_title