Ini Jadinya Jika Semua Ikan di Lautan Lenyap

Ilustrasi kehidupan di laut
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimLautan menyimpan beragam kehidupan mulai tanaman, mikroba, cacing, karang, kepiting, cumi-cumi, paus, dan bahkan ikan.

Girangnya Ribuan Ikan saat Dilepas Pemuda Buddha di Kebun Raya Mangrove Surabaya

Terutama ikan, begitu banyak sehingga mereka membentuk jumlah terbesar kedua dari semua karbon - bahan yang membentuk makhluk hidup - di seluruh kerajaan hewan. Mereka berada di belakang kelompok yang terdiri dari serangga dan krustasea.

Kebanyakan orang hanya berinteraksi dengan lautan dari pantai atau di atas kapal, jadi mungkin sulit untuk membayangkan berapa banyak ikan yang sebenarnya ada di sana. Namun, lautan penuh dengan ikan, mulai dari permukaan hingga kedalamannya. 

Ikan Mas Koki Tulungagung dari Desa, Kualitas Ekspor Jepang-Australia

Ikan-ikan ini juga datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari ikan sarden, ikan guppy, dan ikan blenny yang kecil yang mungkin Anda lihat di terumbu karang hingga ikan tuna dan hiu paus yang besar yang dapat Anda temukan di lautan lepas.

Mereka memiliki berbagai macam peran dalam ekosistem mereka yang mendukung kehidupan organisme lain di sekitarnya. Jika mereka menghilang suatu hari nanti, lautan akan terlihat sangat berbeda.

Jaga Ekosistem Pantai, Porter Pelabuhan Bawean Gresik Aksi Bersihkan Sampah

Ikan sebagai Makanan

Dilansir dari Science Alert, Selasa, 16 Januari 2024, Ikan memainkan peran penting sebagai pemangsa dan mangsa dalam ekosistem laut. Ribuan spesies di seluruh ekosistem laut dan darat bergantung pada ikan sebagai makanan, termasuk manusia. 

Halaman Selanjutnya
img_title