Aneka Manfaat Puasa Ramadan bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa Manusia

Ilustrasi Buka Puasa
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimPuasa Ramadan bukan hanya soal ibadah keagamaan saja. Lebih jauh, puasa satu bulan penuh itu juga berdampak baik bagi kesehatan tubuh dan jiwa manusia. Hal itu telah terbukti melalui penelitian ilmiah sejak berabad-abad lamanya. 

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

Dilansir dari VIVA, Rabu, 28 Februari 2024, berikut ini aneka manfaat berpuasa Ramadan bagi kesehatan tubuh dan jiwa manusia.

1. Detoksifikasi Tubuh

Usai Puasa dan Lebaran, Waktunya Cobain Gaya Seks Baru!

Puasa memberikan kesempatan bagi tubuh untuk membersihkan diri dari racun dan limbah yang terakumulasi. Saat berpuasa, tubuh mulai menggunakan cadangan energi yang tersimpan, dan proses metabolisme meningkat. Ini memicu pemecahan lemak dan sisa-sisa berbahaya dalam tubuh, memberikan kesempatan bagi organ-organ vital seperti hati dan ginjal untuk membersihkan diri secara efektif.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Umat Islam akan Jalani 2 Kali Ramadan dalam Setahun, Kapan Itu?

Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa puasa dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Selama puasa, tubuh mengalami penurunan kadar kolesterol dan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Selain itu, puasa juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang merupakan kontributor utama penyakit jantung.

3. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Halaman Selanjutnya
img_title