Ketahui! Tanpa Disadari 5 Hal Ini Ternyata Tanda Awal Penyakit Kanker

Ilustrasi Cegah Kanker Payudara
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Salah satu penyakit yang tidak bisa dianggap sepele adalah kanker. Keberadaannya sangat berbahaya bagi tubuh dan nyawa manusia. Banyak penderita kanker tidak berhasil melawan ganasnya penyakit yang satu ini. 

Waspada 5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran

Namun demikian, anda perlu tahu dan mengenali sejak dini tanda-tanda awal penyakit kanker. Hal ini amat penting agar bisa dilakukan pencegahan dan pengobatan lebih awal. Sayangnya, tak banyak yang tahu dan bahkan tanpa disadari beberapa hal yang dianggap biasa justru malah mendatangkan malapetaka. 

Berikut ini tanda-tanda awal penyakit kanker yang wajib diketahui agar bisa dicegah sedini mungkin. Dikutip dari VIVA, Kamis, 29 Februari 2024. 

Libur Lebaran, Dokter Imbau Warga RI Waspada Flu Singapura dan DBD

1. Perubahan pada Kulit

Perubahan pada kulit seperti perubahan warna, ukuran, atau bentuk tahi lalat, bintik, atau bercak dapat menjadi tanda awal kanker kulit seperti melanoma. Melanoma adalah jenis kanker kulit yang paling ganas dan dapat menyebar dengan cepat jika tidak diobati. Jika kamu melihat adanya perubahan pada kulit kamu yang mencurigakan, segera berkonsultasi dengan dokter kulit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kenali Gejala Leptospirosis, Penyakit Kencing Tikus di Musim Hujan dan Banjir

2. Pembengkakan Tidak Wajar

Pembengkakan yang tidak wajar, terutama jika tidak disebabkan oleh cedera atau infeksi, bisa menjadi tanda awal kanker. Pembengkakan bisa terjadi di mana saja dalam tubuh dan bisa menjadi gejala kanker tertentu, tergantung pada lokasi dan jenis kanker.

Halaman Selanjutnya
img_title