Sesar Muria Diduga Jadi Sebab Gempa Bumi Tuban, Apa Itu?

Pusat gempa bumi di Tuban
Sumber :
  • Viva Jatim/Imron Saputra

Surabaya, VIVA Jatim – Sejumlah daerah di Indonesia dilanda bencana gempa bumi. Salah satu insiden gempa yang berdampak luas adalah di perairan Tuban, Jawa Timur. Guncangan dari gempa bumi ini sampai dirasakan di Pulau Bawean hingga Kalimantan. 

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Akibat dari gempa bumi ini, sejumlah bangunan dan fasilitas umum mengalami kerusakan fatal. Belakangan ini diketahui bahwa gempa bumi di perairan Tuban itu diduga disebabkan oleh Sesar Muria. Apa itu? Berikut penjelasannya, dikutip dari VIVA, Selasa, 26 Maret 2024.

Sesar Muria merupakan sesar yang terletak di Pulau Jawa, Indonesia, membentang dari barat laut ke tenggara Pulau Jawa, menjadi batas antara dua lempeng tektonik besar: Lempeng Eurasia di utara dan Lempeng Indo-Australia di selatan.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Sesar Muria memiliki posisi yang strategis karena melintasi sebagian besar wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Keberadaan Sesar Muria menarik perhatian para peneliti dan ahli geologi karena potensi aktivitas seismiknya dan dampaknya terhadap wilayah yang dilaluinya. Sesar ini telah terbukti sebagai penyebab gempa bumi signifikan di masa lalu, yang mengancam kota-kota besar seperti Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

Karakteristik Sesar Muria

Salah satu ciri utama dari Sesar Muria adalah aktivitas gesernya yang terjadi. Sesar ini berfungsi sebagai batas transformasi yang memungkinkan lempeng tektonik bergeser secara horizontal.

Halaman Selanjutnya
img_title