Waspada! Ragam Penyakit Intai Jemaah Haji, Cegah dengan 10 Langkah Ini

Suasana jamaah haji Indonesia selepas turun dari kendaraan
Sumber :
  • Instagram :@kantorurusanhaji

Surabaya, VIVA Jatim – Secara bertahap jemaah haji Indonesia terus berdatangan di Arab Saudi. Mereka berangkat dengan kondisi fisik yang beragam. Mulai dari yang kebal hingga rentan dengan penyakit. Apalagi dihadapkan dengan kondisi cuaca yang jauh berbeda. 

Niat Liburan, Dua Bocah TK Malah Tewas Tenggelam di Jatiwangi Park Tuban

Bila penyakit sudah menyerang, tentu ibadah tidak maksimal. Untuk itu, menjaga tubuh tetap sehat dan fit sebelum dan selama melakukan ibadah haji sangatlah penting. 

Apalagi, saat ini Kota Mekkah sedang menghadapi cuaca panas ekstrem dengan suhu mencapai lebih dari 40 derajat celsius.

Ngeri, Paha Bocah Gresik Ini Tertancap Besi Pondasi Usai Terjatuh

Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Kedokteran Haji Indonesia (PERDOKHI) DR Dr Syarief Hasan Lutfie, SpKFR, MARS, AIFO–K mengatakan, cuaca panas ekstrem seperti itu dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Terutama pada jemaah haji yang rentan seperti lanjut usia (lansia) dan mempunyai risiko tinggi atau penyakit komorbid.

"Cuaca panas sangat berisiko pada jamaah haji yang mempunyai komorbid, seperti hipertensi, masalah paru, jantung, itu sangat berisiko," ujar dr Syarief dalam Media Briefing virtual pada Jumat 7 Juni 2024.

Marak Judi Online, Korem 084 Bhaskara Jaya Periksa Ponsel Prajurit dan Pegawai

Dia mengungkapkan, ada beberapa penyakit yang dialami banyak jemaah haji Indonesia pada tahun 2023. Di antaranya, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), hipertensi, sakit kepala, kelelahan dan influenza.

Lima penyakit tersebut bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti iklim yang berbeda, dehidrasi atau kurang cukup cairan, dan virus.

Halaman Selanjutnya
img_title