Upaya Perkuat Literasi Digital, Maxy Academy Jadi Mitra MSIB Kampus Merdeka

Maxy Academy Jadi Mitra Kampus Merdeka Batch 7
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Survei Status Literasi Digital Indonesia 2022 yang dilakukan Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Katadata Insight Center (KIC) menyebut, bahwa nilai digital literacy masyarakat Indonesia pada 2022 yakni 3.54 dari 5.

Mahasiswa Universitas Ma Chung Digembleng Bisnis Model Canvas

Hal itu merupakan nilai yang bagus, akan tetapi Indonesia masih menuduki peringkat 51 dari 63 negara dan tertinggal jauh dari negara Asia Tenggara lainnya seperti Singapura yang menduduki peringkat 4, Malaysia di peringkat 31, serta Thailand di peringkat 40.

Bagi CEO Maxy Academy, Isaac Munandar, situasi itu merupakan hal yang mengkhawatirkan, sebab teknologi semakin berkembang seiring berjalannya waktu dan kini hampir semua aspek kehidupan telah terintegrasi secara digital.  

Maxy Academy Gelar Seminar di Unesa, Percik Minat Mahasiswa dalam Dunia Bisnis

“Karena adanya ketertinggalan Indonesia dalam nilai digital literacy ini, kami merasa adanya sebuah urgency untuk meningkatkan melek mahasiswa pada dunia IT,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Senin, 10 Juni 2024.

Karena itu, Maxy Academy bertekad membantu mahasiswa Indonesia untuk beradaptasi dengan dunia digital. Namun demikian, tekad itu masih terbatasi beberapa tantangan. Maka, salah satu cara yang dilakukan yakni menjadi mitra Kampus Merdeka dari Kemendikbudristek lewat program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 7. 

Optimalisasi Hasil Perikanan dan Kelautan melalui Teknologi Digital

“Kami bersyukur dengan adanya program Kampus Merdeka yang ada di setiap semester ini, karena kami bisa menjangkau lebih banyak mahasiswa yang dapat kita bantu dengan memberikan pelatihan dalam bidang IT, utamanya programming, UI/UX, dan digital marketing,” papar Isaac.

Kampus Merdeka sendiri, terangnya, merupakan salah satu program Kemendikbudristek yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja. Program ini diharapkan dapat membekali mahasiswa dengan pengalaman magang dan skill yang mumpuni sehingga mahasiswa akan lebih siap ketika lulus dan menghadapi dunia kerja.

Halaman Selanjutnya
img_title