Pantai Sijile Situbondo, Serpihan Surga yang Bakal Kebanjiran Pelancong

Hamparan pegunungan, daratan, pantai dan laut di Situbondo
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan dan eksotisme alam tiada tanding adalah Pantai Sijile, Situbondo. Hamparan alam mulai dari pegunungan hingga daratan nan hijau berpadu dengan birunya laut dan pantai mampu menghadirkan suasana tenang dan damai bagi para pelancong. Sehingga tak berlebihan bila pantai yang satu ini disebut sebagai serpihan surga.

Masih Ada 3 Pasien Rawat Inap Petugas KPPS Pemilu 2024 di Tulungagung

Potensi alam yang satu ini dimanfaatkan dengan baik oleh Provinsi Jawa Timur. Salah satunya dengan membangun infrastruktur jalan guna menjamin kenyamanan dan keamanan pengunjung yang hendak menuju Pantai Sijile. Jalan Merak-Baluran itu diresmikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada Senin, 9 Januari 2023. 

Khofifah meyakini Pantai Sijile Situbindo bakal kebanjiran wisatawan, sebab eksotisme dan keindahan alamnya nan sejuk menjadi daya tarik tersendiri. Karena itu akses menuju Pantai Sijile dipermudah sehingga menunjang kenyamanan para pelancong. 

Pj Gubernur Jatim Dukung Upaya BPKP Jaga Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan

“Tren wisata saat ini lebih berorientasi pada alam. Kalau sebelumnya Pantai Sijile masih relatif sulit dijangkau karena ketiadaan infrastruktur yang layak, maka setelah ini (peresmian jalan-red) harus siap-siap 'kebanjiran' wisatawan. Baik lokal maupun mancanegara,” ungkap Khofifah saat mengunjungi Pantai Sijile, Situbondo.

Sebelumnya, Khofifah meresmikan Jalan Merak - Baluran, Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo (Kawasan Taman Nasional Baluran). Jalan yang mampu menahan beban hingga 5 ton tersebut memiliki panjang 10 kilometer dan lebar 3 meter serta bahu jalan satu meter. 

Kesan Pemain Film Sinden Gaib: Sara Merasa Adem, Arla Jadi Doyan Durian

Peresmian jalan ini merupakan tindak lanjut atas Kesepakatan Bersama antara Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan Bupati Situbondo tentang Pelestarian Fungsi Kawasan Taman Nasional Baluran. Yakni melalui Pemberdayaan Masyarakat dan Kemitraan Konservasi di Zona Khusus Labuhan Merak (Eks HGU PT Gunung Gumitir) pada tanggal 3 September 2020.

Ketua PBNU ini mengatakan bahwa laut di Pantai Sijile kaya dengan biota laut. Belum lagi hamparan pasir dan terumbu karang yang terjaga dengan baik menjadi rumah bagi ikan dan berbagai biota laut lainnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title