Bocoran Resep Bikin Rawon dan Kue dengan Keju ala Chef Juna dan Yongki

Chef Juna dan Yongki Gunawan bicara soal keju di Surabaya.
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

JatimKeju tak hanya cocok buat penganan ringan seperti kue. Makanan bergizi berbahan susu itu juga bikin lezat bila dijadikan salah satu bahan makanan berat. Bahkan, makanan khasa Jawa Timuran, seperti rawon, lontong balap dan Sate Madura, juga lebih nikmat bila dicampur keju.

Mengenal Sejarah Ketupat yang Identik dengan Menu Khas Lebaran

Soal itu diungkap Chef Juna dan Yongki Gunawan dalam satu acara di Surabaya, Sabtu, 28 Januari 2023. Chef Yongki mengatakan, keju tak hanya sehat, tapi juga cocok untuk campuran aneka olahan menu makanan Nusantara mau pun mancanegara.

Kata dia, keju cocok untuk dipakai sebagai bahan olahan semua menu khas di Indonesia. “Misalnya Ayam Betutu. Yang penting jangan takut gunakan keju, harus berani mencoba dan berinovasi,” katanya.

Bikin Ngiler, 5 Makanan yang Bisa Dicicipi saat Mudik Lebaran ke Lamongan

Pun demikian makanan khas Jawa Timuran, termasuk Suroboyoan, seperti Sate Madura, rawon dan lotong balap. Menurutnya, dengan tambahan bahan keju, cita rasa masakan andalan Jawa Timur itu terasa lebih nikmat dan lezat. 

Yongki lantas berbagi resep bagaimana caranya menambahkan keju pada rawon. “Caranya, kuahnya dihilangkan atau disisihkan, kemudian dagingnya dipindah ke nasi lalu diberi parutan keju di atasnya," ujar pria yang mengabdikan diri di dunia pastry Indonesia selama 28 tahun itu.

Soto Ayam Kuah Kuning, Cocok Jadi Hidangan Buka Puasa Kala Hujan

Chef Juna juga mengamini bahwa keju tidak hanya bisa dijadikan campuran olahan makanan, tapi bahkan menjadi bahan utama beberapa jenis penganan. Contoh paling sederhana yaitu grill sind sandwich. “Mau topping, fillin, atau apa pun semua bisa. Bisa juga di-mix dengan yang lain,” ujarnya. 

Agar nikmat dan kelezatannya betul-betul terasa, Juna menyarankan agar pecinta kuliner tak sembarangan menggunakan keju. Harus keju pilihan. Salah satu keju yang menurutnya bagus ialah WinCheez. Sebab, keju tersebut tidak mudah putus saat diparut hingga tak mudah gosong saat dipanggang.

Halaman Selanjutnya
img_title