Habib Husein Jafar Terpukau Gurita Toko Kelontong Madura di Jabodetabek

Habib Husein Jafar Al-Hadar
Sumber :
  • Twitter @Husen_Jafar

Jatim – Fenomena gurita toko kelontong Madura yang tersebar di seluruh penjuru tanah air, khususnya di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi (Jabodetabek), membuat Habib Husein Jafar Al-Hadar terpukau. 

Didatangi Pemda dan BKKBN, Ini Alasan Bocah 4 Tahun di Sampang Madura Tunangan

Seorang keturunan Nabi Muhammad saw. itu terheran-heran mengapa orang Madura masih berani mengadu nasib di kota-kota besar di tengah merebaknya Alfamart dan Indomaret. Faktanya, toko kelontong Madura hingga kini terus menggurita hingga menjadi etos kerja baru masyarakat Madura. 

Dalam sebuah tayang video di kalan Youtube ‘Jeda Nulis’, habib yang juga seorang influencer ini mendatangi dan mewawancarai salah seorang pemilik toko kelontong asal Kabupaten Sumenep, Madura yang tak menyebutkan namanya. 

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

“Kak, Indomaret dan Alfamart ada dimana-mana. Sampean kok masih milih untuk buka kayak gini,” tanya Habib Husein, dikutip Senin, 30 Januari 2023. 

Pria penjaga toko kelontong Madura itu dengan penuh keyakinan menjawab bahwa hidup pastilah tidak lepas dengan yang namanya usaha. Sebarapa besar pun saingan, pada akhirnya soal rezeki tetap ada yang mengatur. 

Strategi Jitu Toko Kelontong Madura Saingi Indomaret dan Alfamart

“Namanya orang hidup itu kan kita gak bisa lepas dari yang namanya usaha. Jadi kita mikirnya gini, yang namanya rezeki itu sudah ada yang ngatur. Tugas kita hanya usaha,” kata pria itu menjawab pertanyaan Habib Husein. 

Bagi orang Madura, etos kerja adalah hal penting yang menjadi syarat melakoni hidup. Soal hasil atau pendapatannya, itu menjadi hak prerogatif Sang Pencipta. Itulah mengapa orang Madura masih nekad membuka usaha toko kelontong di kota-kota besar. Perkembangannya pun kian pesat. 

Halaman Selanjutnya
img_title