8 Daerah di Jatim Potensi Rawan Konflik Pilkada 2024, Madura Paling Disorot

Ilustrasi Surat Suara
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jawa Timur (Jatim) memetakan titik potensi kerawanan. Dari 8 Daerah yang ada, kawasan Madura menjadi wilayah yang paling disorot.

Minibus Disopiri Warga Sumenep Tabrak Truk di Tol Pasuruan, 5 Orang Tewas

Dari pemetaan yang dilakukan Bakesbangpol Jatim, sejumlah daerah yang dipetakan sangat rawan konflik antara lain di Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Situbondo, Lamongan dan Lumajang. 

"Ini kami terus upayakan antisipasi dengan melakukan koordinasi bersama polres, termasuk Pak Kapolda untuk mengantisipasi. Sedikit apapun pergerakan kita antisipasi," ujar Kepala Bakesbangpol Jatim, Eddy Supriyanto, Senin, 21 Oktober 2024. 

Keamanan Siber Jadi Tantangan Besar Kabinet Pemerintahan Presiden Prabowo

Untuk kondisi masa kampanye seperti ini, Eddy menyebut hal yang rawan ialah gesekan antarpaslon. Utamanya pada saat penyelenggaraan debat publik. Bahkan ada temuan terkait perusakan Alat Peraga Kampanye (APK) di wilayah rawan.

"Terjadi juga unsur balas dendam, saling menghilangkan. Maka, kami dorong Bawaslu dan Kepolisian mencari dan mencegah," katanya.

Profil Menteri Presiden Prabowo dari Jatim: Ada Cak Imin hingga Gus Ipul

Maka dari itu, pria yang juga Penjabat (Pj) Wali Kota Madiun ini mendorong kabupaten/kota beserta forkopimda untuk selalu bersinergi melakukan upaya pencegahan. Sehingga tidak ada pertengkaran saat Pilkada.

"Antisipasi itu terus kami lakukan dengan koordinasi dan sinergi berbagai pihak kabupaten/kota," pungkas dia.