Waspada Kanker Serviks Bagi Wanita yang Aktif Seks di Bawah 20 Tahun 

Ilustrasi Kanker Serviks
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Sering berhubungan seks saat usia masih di bawah 20 tahun bisa berakibat fatal bagi kesehatan wanita. Pasalnya, bila hal tersebut secara aktif dilakukan dapat menimbulkan infeksi virus Human Papillomavirus (HPV). Virus ini menjadi penyebab munculnya kanker serviks

Motif Pemuda di Mojokerto Ajak Pacar Threesome, Karena Fantasi Seksual

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa kanker serviks menempati urutan ke-4 secara global yang menyerang wanita. HPV yang menjadi benih tumbuhnya kanker serviks itu menular melalui hubungan seksual yang sering dilakukan. 

“Ada penularan hpv saat melakukan seks,” kata Spesialis Obgyn dan Ginekologi dr Boy Abidin, Sp.OG (k), dikutip dari laman Viva Lifestyle pada Rabu, 1 Februari 2023. 

Gampang 'Horny' karena Pikiran Jorok? Begini Cara Ampuh Mengatasinya

Tak hanya itu saja, hubungan seksual pada anak-anak di bawah usia 20 tahun juga memiliki risiko terjadinya penularan virus HPV. 

“Aktivitas suami-istri pada usia yang sangat muda anak remaja di bawah 20 tahun karena selnya masih rentan ketika virus HPV-nya masuk terjadi kerusakan di sel itu,” ungkapnya. 

Penyebab Utama Suami Banyak Selingkuh bukan Seks, Ini Kata Dokter Inspiratif

Di sisi lain, Boy mengungkap bahwa perjalanan virus HPV menjadi kanker serviks pada wanita sendiri cukup panjang yakni 5 hingga 20 tahun lamanya. 

“Mulai stadium normal ke pre cancer masuk ke stadium cancer butuh waktu 5-20 tahun. Masuk virus HPV tidak serta merta langsung menjadi kanker,” katanya. 

Halaman Selanjutnya
img_title