Yuk Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak dengan Rutin Lakukan Hal Ini

Tips Mendidik Anak di Era Milenial
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Melatih kecerdasan otak pada diri anak sangatlah penting. Namun yang tak kalah penting lagi adalah melakukan langkah-langkah strategis dalam meningkatkan kecerdasan tersebut. Sebab 1 dari 3 anak Indonesia yang berusia di bawah 5 tahun mengalami anemia. 

Pj Gubernur Jatim Apresiasi Peran PKK dalam Menekan Stunting hingga 17,7 Persen

Diketahui, Anemia menjadi salah satu faktor risiko terjadinya gangguan pertumbuhan (faltering growth) yang merupakan awal terjadinya stuntinig. Anemia pada anak disebabkan oleh asupan gizi yang tidak optimal. Termasuk kurangnya zat besi sebagai nutrisi penting dalam asupan makanan harian anak. 

Maka penting bagi setiap orangtua untuk memastikan bahwa si kecil bisa memenuhi kebutuhan gizi harian dengan optimal, termasuk zat besi yang dikombinasikan dengan vitamin C untuk dukung meningkatnya penyerapan zat besi hingga dua kali lipat sehingga tumbuh kembangnya maksimal. 

7 Langkah Jitu dan Mudah Turunkan Berat Badan Usai Lebaran

“Zat besi memiliki peran penting pada tubuh anak. Terutama untuk mendukung tumbuh kembang maksimalnya,” kata Presiden Indonesian Nutrition Association, Dr dr Luciana B Sutanto, MS, SpGK(K), dalam keterangan pers. 

Luciana menambahkan, asupan Zat Besi yang tidak adekuat dapat berdampak dalam jangka pendek pada menurunnya kecerdasan, fungsi otak, fungsi motorik anak seperti mudah kelelahan, nafsu makan buruk, serta menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi. 

Sekretaris PWNU Jatim: Idul Fitri Momentum Perkokoh Ekosistem Sosial

"Sehingga jika tidak ditangani dengan tepat dapat mempengaruhi performa anak di sekolah, perubahan atensi dan sosial, serta perubahan perilaku pada anak," tuturnya.

Pada anak di atas satu tahun, pencegahan anemia dapat dilakukan dengan memberikan makanan gizi seimbang termasuk pangan makanan dan minuman yang mengandung sumber protein hewani yang kaya Zat Besi maupun mikronutrien lain yang mendukung penyerapan Zat Besi seperti vitamin C. Sebab, kombinasi Zat Besi dan Vitamin C dengan rasio molar 2:1 dapat mendukung peningkatan penyerapan zat besi hingga dua kali lipat.

Halaman Selanjutnya
img_title