Musim Hujan Melanda, Perhatikan Resep Herbal Cegah Batuk Ini

penyakit batuk
Sumber :
  • Viva.com

JatimMusim hujan seringkali membuat imunitas tubuh semakin menurun. Sehingga ada banyak orang dilanda penyakit dalam kehidupan kesehariannya. Dari penyakit yang kecil hingga penyakit yang besar. Penyakit kecil semacam batuk bisa saja menimpa di saat cuaca hujan. Berikut penjelasan pakar herbal bagaimana tips menjaga dan menjegah batuk.

Tak Perlu Panik, Dinkes Surabaya Bagikan Tips Hindari Penyakit Flu Singapura

Pakar herbal dr. Dian Elco Nora,M.Si, menjelaskan bahwa berbagai tanaman herbal mampu menjadi senjata ampuh dalam mengatasi berbagai gejala batuk. Seperti belimbing wuluh yang mengandung antioksidan dan berkhasiat hambat bakteri di saluran napas.

"Ambil bunga belimbing wuluh 1 genggam, tumbuk. Campur adas manis sejumput. Seduh air panas," ujarnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, beberapa waktu lalu. Selain belimbing wuluh, tanaman lainnya yang dianjurkan untuk mengatasi gejala batuk adalah daun sirih. Daun ini memiliki kandungan antioksidan dan zat yang berkhasiat untuk meredam sakit tenggorokan akibat batuk kering.

Waspada 5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran

"Daun sirih untuk gargle. Untuk kumur cukup ambil beberapa helai daun. Cuci bersih 4 lembar. Potong-potong kecil agar zat aktif lebih mudah larut. Rebus dulu di air mendidih hingga 15 menit. Lalu dinginkan dan pakai untuk gargle," imbuhnya.

Tak hanya daun sirih, tanaman herbal lain yang turut dianjurkan oleh dokter Dian yakni air lemon untuk meredakan sakit tenggorokan. Selain tinggi vitamin C, lemon kaya akan antioksidan sehingga bagus untuk meredakan gejala batuk. Tambah dengan jahe yang sudah digeprek, yang juga bermanfaat sebagai sumber antioksidan, maka gejala batuk diharapkan mereda.

Libur Lebaran, Dokter Imbau Warga RI Waspada Flu Singapura dan DBD

"ahe 1 ruas, cuci bersih kemudian kita bakar lalu keprek. Kemudian ambil seduh dengan air panas. Tambah air panas diamkan tutup lalu tambah setengah perasan air lemon," tutupnya.