Resep Dokter Gizi Cara Membuat Nasi Goreng Sehat Anti Gemuk dan Kolesterol

ILustrasi Nasi Goreng
Sumber :
  • Viva.com

Jatim –Spesialis gizi klinik, dr. Putri Sakti, MGizi, SpGK, AIFOK dalam program Hidup Sehat tvOne, mengungkap resep dan trik membuat nasi goreng yang sehat anti gemuk dan kolestrol. Nasi goreng menjadi menu sarapan yang menjamur di kalangan keluarga Indonesia. 

Rekomendasi Menu Buka Puasa: Sop Iga Sapi, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Makanan nasi goreng sangat digemari oleh kalangan masyarakat Indonesia lantaran pembuatannya yang sangat simpel dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Meski begitu, hati-hati konsumsi nasi goreng yang tidak tepat bisa membuat kadar kolesterol menjadi tinggi. 

Apalagi di dalam makanan nasi goreng tersebut terdapat penggunaan minyak serta isian nasi goreng yang kurang tepat  dan bumbu yang berlebihan. Hal ini akan pemicu kolesterol tinggi. 

Tidak Sarapan di Pagi Hari Ternyata Makin Sehat, Begini Penjelasan Ahli

Putri Sakti menambahkan yang perlu diperhatikan adalah jumlah nasi yang digunakan serta komposisi isian nasi goreng.

"Nasi yang porsinya sesuai kebutuhan kita itu enam sendok makan. Selain karbohidrat harus juga diimbangi dengan protein hewani, nabati, serat, vitamin dan mineral," kata dia, Rabu 4 Januari 2023.  

Bingung Isi Waktu Liburan? Yuk Coba Resep Bakso Malang Buat Sajian Sore Harimu

Lebih lanjut, untuk protein hewani, Putri menggunakan satu buah telur dan udang. Sementara untuk protein nabati menggunakan kacang polong yang diketahui kaya akan nutrisi. Untuk serat, vitamin dan mineral bisa menggunakan 100 gram sayuran warna-warni. Serta penggunaan bumbu masak yang alami sebagai antioksidan.

Cara membuatnya, iris bawang merah, bawang putih dan cabai secukupnya. Kemudian untuk minyak gunakan minyak virgin coconut oil (VCO) 1/2 sendok teh untuk menumis. "Minyak VCO walau mengandung minyak jenuh tapi ada antioksidan ikatan kimia stabil ketika terkena panas," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title