Hari Kedua Lebaran, Ini Tips Aman Konsumsi Santan bagi Penderita Diabetes

Opor Ayam
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Kegembiraan dan keceriaan tengah menyelimuti umat Islam di dunia. Tak terkecuali di Indonesia sebagai satu negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Ya, mereka kini tengah merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah. Hari dimana kemenangan telah diraih.

Mudik Gratis Sukses, DPRD Jatim Minta Tambahan Armada untuk Berikutnya

Di momen ini biasanya ragam sajian dihidangkan. Mulai dari makanan, cemilan hingga ragam minuman. Bagi penderita penyakit, tentu perlu kehati-hatian agar tidak semakin membuat kondisi lebih buruk. Termasuk bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit diabetes.

Salah satu makanan yang menonjol kala lebaran adalah makanan berbahan dasar santan. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang terganggu kesehatannya.

Minim Pendonor, Stok Darah di PMI Tuban Menipis

Bukan tanpa alasan, sajian mengandung santan tanpa pemanis saja dikonsumsi berisiko menyerap gula darah dalam jumlah tinggi. Santan tanpa pemanis memiliki 2,1 gram gula dalam porsi 1 ons, gula ini naik menjadi 10,4 gram dalam santan ditambah pemanis. Dalam kedua kasus tersebut, hal itu bisa membuat risiko obesitas dan diabetes dengan asupan yang berlebihan.

Lantas, bagaimana cara aman konsumsi santan bagi diabetisi?

Satlantas Polres Lamongan Klaim Angka Kecelakaan Minim di Jalur Mudik Lebaran

“Penderita diabetes dapat mengonsumsi santan secukupnya sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan seimbang. Namun, penting bagi mereka untuk memerhatikan kadar gula darah mereka dan memerhatikan asupan karbohidrat mereka secara keseluruhan. Seperti makanan lainnya, santan mengandung beberapa karbohidrat, jadi penting untuk memperhitungkannya dalam perencanaan makan Anda," ujar ahli gizi, Pallini Winnifred, RDN, dikutip Style Craze, Sabtu 22 April 2023, dilansir dari laman VIVA.

Ia memperingatkan agar lebih berhati-hati dengan produk santan yang ditambahan gula atau pemanis. Pastikan untuk membaca label untuk memeriksa ulang apakah itu tanpa atau dengan pemanis.

Halaman Selanjutnya
img_title