Manfaat Tanaman Tempuyung untuk Obati Ragam Penyakit Serius

Ragam manfaat tanaman Tempuyung
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Mungkin terdengar cukup asing ditelinga kita bahwa tanaman Tempuyung memiliki ragam manfaat. Ya, tanaman yang satu ini memiliki khasiat mengobati ragam penyakit serius. Mulai dari meluruhkan batu ginjal hingga kadar gula.

Waspada 5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran

Tanaman yang memiliki nama latin Sonchus Anvensis L ini merupakan tanaman yang sering ditemui di lingkungan yang bercuaca sejuk. Daerah dimana musim kemarau lebih pendek dari musim hujan. Tergolong tanaman yang tumbuh liar namun memiliki ragam manfaat.

Dilansir dari VIVA, Ahli Farmakologi, Prof dr Wawaimuli Arozalm mengatakan bahwa kandungan yang berada dalam daun Tempuyung dapat meluruhkan kalsium oksalat yang menyebabkan batu ginjal.

Libur Lebaran, Dokter Imbau Warga RI Waspada Flu Singapura dan DBD

"Ini bisa terjadi karena kemampuan daun tempuyung dalam meluruhkan kalsium oksalat yang merupakan komponen utama dalam batu ginjal daun di samping itu, dapat sebabkan deuretik memperlancar kencing membantu mengurangi timbunan batu dalam ginjal kita," jelas dia, dikutip dari VIVA, Kamis, 11 Mei 2023.

Tak hanya itu saja, mengonsumsi daun tempuyung ini dapat menurunkan kadar asam urat. Hal ini didasarkan pada penelitian pada hewan dan laboratorium.

Kenali Gejala Leptospirosis, Penyakit Kencing Tikus di Musim Hujan dan Banjir

"Banyak studi pada hewan dan laboratorium yang menunjukkan daun tempuyung memiliki kandungan zat aktif yang dapat menghambat enzim senti oksidase, adalah enzim yang menyebabkan timbunan asam urat," ujar dia.

Manfaat lain dari daun tempuyung adalah dapat menghilangkan rasa nyeri lantaran adanya kandungan zat aktif dalam daun ini yang dapat meredakan nyeri.

Halaman Selanjutnya
img_title