Jangan Sembarangan, Perhatikan Bahaya Berendam di Air Dingin!

Ilustrasi air dingin
Sumber :
  • Viva

Jatim – Beberapa orang menyukai aktifitas berendam di air dingin karena mereka percaya bahwa itu baik bagi kesehatan mental dan fisik mereka. 

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Kebiasaan tersebut telah digunakan oleh olahragawan sebagai cara untuk mengurangi nyeri otot dan mempercepat waktu pemulihan di mana orang biasanya menghabiskan sekitar sepuluh menit setelah berolahraga sekitar 10 hingga 15 derajat Celcius.

Diantara manfaat bagi mental dan fisik mereka adalah mengobati gejala depresi, nyeri dan migren. Memang, ada banyak kisah tentang bagaimana terapi air dingin telah mengubah hidup, menyembuhkan patah hati dan membantu orang di masa-masa sulit. 

Aneka Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Jadi Sumber Protein Terbaik

Sementara banyak penelitian telah menunjukkan manfaat terkait mandi es dan pemulihan pasca-olahraga, penelitian dari tahun 2014 menemukan mungkin ada efek plasebo yang terjadi.  

Penelitian tentang potensi manfaat terapi air dingin atau berenang di luar ruangan masih dalam tahap awal. Namun berendam di air dingin berpotensi menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh manusia.

Tak Perlu Panik, Dinkes Surabaya Bagikan Tips Hindari Penyakit Flu Singapura

Dengan aktivitas apa pun yang ditujukan untuk efek terapeutik, persyaratan minimumnya adalah 'tidak membahayakan'. Tapi peneliti tidak bisa mengaitkannya dengan air dingin karena mengandung banyak risiko. 

Saat ini, sains yang sepenuhnya mendukung air dingin sebagai terapi belum tersedia dan belum diketahui apakah ada durasi atau suhu tertentu yang bekerja paling baik.  

Halaman Selanjutnya
img_title