Benarkah Faktor Usia Sebabkan Perut Buncit? Begini Penjelasan Ahli

Perut Buncit (Ilustrasi)
Sumber :
  • Istimewa

Perut buncit seringkali membuat kita merasa tak pede bahkan merusak penampilan sehari-hari. Selain itu, perut buncit juga kerap menjadi tanda banyaknya lemak di area perut yang menumpuk. 

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Masyarakat beranggapan, bertambahnya usia juga bisa memicu seseorang mengalami perut menjadi buncit. Hal ini biasanya disebabkan karena hormon yang bisa membuat lemak bertahan di dalam tubuh.

Dengan usia yang semakin bertambah sebetulnya tak hanya pria saja namun wanita juga memiliki risiko yang sama, yaitu bisa mengalami perut buncit. Semakin bertambahnya usia, apalagi jika kita tak menerapkan pola hidup sehat dan masih mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan gula.

Aneka Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Jadi Sumber Protein Terbaik

Namun sebetulnya banyak faktor yang bisa memicu seseorang mengalami hal ini. Lantas apalagi penyebab dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut agar tubuh tetap mengalami perut buncit di usia yang semakin menua?

"Perut buncit sebetulnya dikaitkan dengan pertambahan berat badan yaitu obesitas jadi kita nih ngomong obesitas obesitas itu ada obesitas secara umum ada obesitas cuman di perut sentral obesitas jadi obesitas di perut atau central obesity ada obesitas secara umum," kata Dr. dr. Irsan Hasan SpPd-KGEH dikutip dari VIVA, 17 Mei 2023.

Tak Perlu Panik, Dinkes Surabaya Bagikan Tips Hindari Penyakit Flu Singapura

Seiring bertambahnya usia maka akan banyak mengalami perubahan, mulai darik metabolisme dan hormon yang menurun. Maka perhatian dengan tubuh adalah salah satu cara menjaga kesehatan.

"Kita lebih perhatian terhadap perut buncit ini kenapa karena ada batas toleransi untuk perut buncit, misalnya berat badan naiknya cuman sedikit gitu tapi kok buncitnya Nambah nah ternyata perut buncit ini mempunyai resiko lebih tinggi terhadap serangan jantung, stroke dan lain-lain daripada orang yang tidak buncit," ujar Irsan.

Halaman Selanjutnya
img_title