Ketahui Kadar Kolesterol Olahan Daging Domba dan Sapi

Daging Kambing (Ilustrasi)
Sumber :
  • Ist

Daging merah seperti domba, kambing dan sapi merupakan jenis daging merah yang digemari masyarakat. Berbagai olahan daging merah seperti rendang, gulai hingga satai menjadi sajian yang paling favorit.

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Namun, diantara ketiga jenis daging merah tersebut, banyak masyarakat yang memilih untuk tidak mengonsumsi daging kambing. Hal itu disebabkan, masyarakat menganggap daging kambing dapat menyebabkan meningkatnya kadar hipertensi dan kolesterol seseorang.

Apakah benar demikian? Terkait hal itu, spesialis gizi klinik, dr. Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM mengatakan bahwa hal tersebut tidaklah tepat.

6 Sayuran Pembasmi Kolesterol, Cocok Dikonsumsi Usai Lebaran

"Itu mitos, kalau bandingkan bagian yang sama dan berat yang sama. Kalau bandingkan kambing berlemak dan diolah dengan santan bisa cetuskan garam hipertensi. Khas dalam dengan berat sama risiko dan benefit sama jenis daging kambing dan daging lainnya," kata dia dilansir dari VIVA, Senin 22 Mei 2023.

Lebih lanjut, dokter Marya menjelaskan bahwa ketiga jenis daging merah tersebut memang mengandung nutrisi namun lebih banyak lemaknya terutama pada bagian-bagian tertentu.

Santapan Lebaran Bikin Naik Kolesterol? 6 Buah ini Bisa Bantu Netralkan Tubuhmu

"Ini tergantung bagian perut, kaki, leher kandungan berbeda-beda. Tenderloin kadar lemak lebih rendah dibanding bagian lainnya. Sapi, domba, kambing dengan bagian yang sama, gram yang sama, tapi kalau yang lebih berat lemak itu domba," jelas Marya.

Marya juga memaparkan bahwa meski daging domba yang lebih tinggi kandungan lemaknya. Namun, daging domba lebih rendah kolesterol dibanding daging sapi dan daging kambing.

Halaman Selanjutnya
img_title