Menjelang Puncak Ibadah Haji, Berikut 7 Tips Sehat untuk Jemaah

Ilustrasi Jemaah haji Indonesia
Sumber :
  • A. Thoriq/ Viva Jatim

Jatim – Kesiapan fisik dan mental sudah harus disiapkan oleh para jemaah yang dalam dua minggu ini akan sampai pada puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina. Hal itu penting agar segala rukun wajibnya dapat ditunaikan dengan baik dan maksimal.

200 Calon Jemaah Haji Situbondo Gagal Berangkat

Untuk itu berikut ini 7 tips sehat bagi jemaah yang harus dilakukan menuju puncak ibadah haji. Berdasarkan edukasi yang diberikan oleh Koordinator Tim Promosi Kesehatan PPIH Arab Saudi, Rahmat Kurniadi, dilansir dari VIVA, Rabu, 14 Juni 2023.

Kurangi Aktivitas Fisik

Mantap! Kemenkumham Jatim Terapkan Layanan One Stop Service untuk CJH 2024, Begini Penjelasannya

Tips kesehatan jelang Armuzna yaitu pertama, kurangi aktivitas fisik yang berlebihan seperti memaksakan diri untuk ziarah, umrah sunah, beribadah di Masjidil haram terutama bagi jemaah yang berisiko tinggi (Risti).

Cegah Dehidrasi

Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy: Komitmen Maksimalkan pelayanan

Kedua, waspada pada cuaca panas di Makkah yang tinggi potensi jemaah menjadi dehidrasi. Tidak hanya dehidrasi, cuaca panas juga dapat membuat psikologi orang terpengaruh. Oleh karenanya jemaah haji diimbau untuk minum dan jangan menunggu haus.

Jika bepergian meninggalkan penginapan, dianjurkan untuk membawa air. Bagi jemaah haji Risti disarankan mengonsumsi satu oralit per hari untuk menjaga elektrolit yang ada di tubuh.

Halaman Selanjutnya
img_title