Jangan Abai, Orang Tua Perlu Lakukan Hal Ini bila Anak Susah Makan

4 Faktor Penyebab Kekurangan Nutrisi Anak
Sumber :
  • Viva.com

Surabaya, VIVA Jatim – Setiap orang tua sudah pasti kebingungan dan khawatir bila sang buah hatinya susah untuk makan. Sebab, masalah yang satu ini menjadi sumber datangnya sejumlah penyakit bagi si anak. Mulai dari malnutrisi hingga mudah sakit.

Jaga Kesehatan Anak, Ini 5 Cara Pilih Camilan yang Baik dan Bergizi

Anak yang susah makan berisiko mengalami malnutrisi yang berdampak pada melemahnya sistem imunitas. Akibatnya anak mudah terinfeksi dan memperburuk malnutrisi. Malnutrisi juga dapat menyebabkan pertumbuhan otak tidak optimal sehingga daya pikir pada anak lebih lambat.

Dilansir dari VIVA, Kamis, 20 Juli 2023, Dokter Tumbuh Kembang Anak RSCM, dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A (K), MPH, menjelaskan agar terhindar dari risiko malnutrisi, beberapa hal harus diperhatikan orang tua terkait pola makan anak.

Bahaya Pergaulan Bebas Mengintai Anak, Begini Cara Mencegahnya

Dijelaskan Bernie, anak dapat mengalami malnutrisi yang ringan hingga feeding diffculties yang sangat ekstrem dan menyebabkan defisiensi gizi yang signifikan. Defisiensi gizi akan memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak, pertumbuhan fisik, fungsi kognitif otak, motorik, fungsi fisiologis dan perubahan respons imun.

“Hal yang paling penting dilakukan orang tua dalam situasi ini adalah segera berkonsultasi dengan dokter, jadi bisa ditentukan prioritas penanganan dan tata laksananya,” jelas Bernie dalam konferensi pers, Selasa 18 Juli 2023.

Ketua Partai Gerindra Gresik Jadi Pendaftar Pertama Calon Bupati di Partai Demokrat

Malnutrisi mengakibatkan defisiensi berbagai macam mineral, vitamin, dan protein. Sintesis protein yang tidak adekuat menurunkan daya tahan tubuh termasuk fungsi imun. Dengan daya tahan tubuh menurun, anak mudah infeksi.

Status nutrisi yang baik berperan mencegah infeksi, sebaliknya infeksi dapat memperburuk malnutrisi. Malnutrisi memperlambat proses penyembuhan penyakit dan menurunkan daya intelegensi anak.

Halaman Selanjutnya
img_title