Menyantap Aneka Ramen di Kedai Surabaya Ala Pasar Ikan Jepang

Ramen di Kedai Surabaya
Sumber :
  • Viva Jatim/Mokhamad Dofir

Surabaya, VIVA Jatim – Menikmati aneka ramen di sebuah rumah makan mewah mungkin sudah menjadi hal biasa bagi kebanyakan orang. Namun bagaimana jika menyantap makanan sejenis mi instan itu di kedai yang dibuat mirip pasar ikan Jepang? tentu akan menjadi pengalaman seru.

Mengenal Sejarah Ketupat yang Identik dengan Menu Khas Lebaran

Nah, di kawasan Jalan Mayjen Jonosewojo, Babatan, Kecamatan Wiyung, Kota Surabaya. Baru saja dibuka sebuah kedai bernuansa pasar ikan Jepang. Tempat ini menyajikan beragam menu masakan negeri sakura. Namanya Roji Ramen.

Hernando selaku pemilik kedai mengatakan, kata Roji yang disematkan pada usaha kulinernya itu diambil dari bahasa Jepang yang berarti jalanan kecil atau gang. Untuk Ramennya sendiri merujuk pada menu masakan andalan yang disajikan yaitu mie ramen.

Bikin Ngiler, 5 Makanan yang Bisa Dicicipi saat Mudik Lebaran ke Lamongan

Menurut Hernando, jalanan kecil di Jepang memiliki ciri khas berbeda satu sama lain. Seperti di Distrik Tsukiji misalnya, jalanan di wilayah ini lekat dengan suasana tempat pelelangan ikan. Potret jalanan di Tsukiji inilah kemudian diterapkan pada Kedai Roji Ramen di Surabaya.

"Memang konsepnya seperti ini pasar ikan Jepang, namanya Tsukiji," ujar Hernando, Rabu 4 Oktober 2023.

Soto Ayam Kuah Kuning, Cocok Jadi Hidangan Buka Puasa Kala Hujan

Benar saja, jika diperhatikan bagian dalam kedai Roji Ramen memang mirip suasana pasar ikan. Dimana-mana ditemukan peralatan nelayan seperti jala dan kail ikan, juga beberapa perabotan berbahan kayu.

Bukan hanya itu, di bagian tengah kedai terdapat akuarium berisi ikan-ikan laut hasil tangkapan nelayan. Tapi tenang, ruangan nggak bau amis, karena semuanya hanya sekedar diorama semata.

Halaman Selanjutnya
img_title