5 Cara Berdayakan Perempuan Menurut Nyai Eva Wakil Bupati Sumenep

Wakil Bupati Sumenep, Nyai Hj Dewi Khalifah
Sumber :
  • Ibnu Abbas/Viva Jatim

Sumenep, VIVA JatimWakil Bupati Sumenep, Nyai Hj Dewi Khalifah memberikan tips untuk menjadi perempuan berdaya. Hal tersebut dianggap penting karena perempuan memiliki peran urgen dalam keluarga yang akan mengantarkan bangsa Indonesia lebih maju. 

Ratusan Kader Muslimat NU se-Nganjuk Ikuti Jalan Sehat Berkebaya Peringati Hari Kartini

Hal itu disampaikan Nyai Eva, sapaan lekat perempuan yang juga Ketua PC Muslimat NU Sumenep saat Rapat Triwulan dan Peringatan Hari Ibu, Minggu, 24 Desember 2023 di Graha Nuansa, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep. 

"Pertama, kuat badannya. Seorang perempuan harus kuat badannya. Sebab Allah menitipkan rahim dalam kandungannya, untuk melahirkan generasi bangsa yang berkualitas. Bila tidak kuat, tentu akan banyak penyakit yang akan menghampiri," ungkapnya. 

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

Hal demikian, lanjut Nyai Eva, sapaan lekatnya, dalam rangka menjaga kesehatan reproduksi perempuan. Salah satu yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi perempuan adalah dengan rutin mengonsumsi makanan yang sehat, seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan makanan bergizi lainnya. 

"Kedua, perempuan harus kuat batinnya. Batin perempuan harus selalu kuat karena banyak hal yang dipikirkan. Mulai dari mikirin keluarga, utang, organisasi, kompolan, jenis masakan, organisasi, kompolan dan lain-lain. Mulai dari bangun sampai tidur lagi. Jadi perempuan harus kuat batinnya," lanjutnya. 

Politikus hingga Forkopimda Jatim Hadiri Halal Bihalal di Rumah Khofifah

Nyai Eva lantas mengatakan bahwa agar batin perempuan kuat harus mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan meningkatkan ibadah. Semakin dekat dengan Allah SWT, maka semakin kuat batinnya dalam menghadapi dinamika kehidupan. 

"Ketiga, perempuan harus berdaya secara ekonomi. Hal ini penting dalam rangka membantu perekonomian keluarga. Banyak potensi di Kabupaten Sumenep yang bisa dikembangkan untuk usaha," terangnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title