Trenggalek Jajaki Kerjasama Perdagangan Karbon dengan UINSA Surabaya

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin.
Sumber :
  • Forkopimda Trenggalek

Surabaya, VIVA JatimBupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menghadiri rapat koordinasi penjajakan kerja sama terkait carbon trading di Fakultas Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya.

Ribuan CJH Asal Surabaya Ikuti Bimbingan Manasik Massal di UINSA

Diketahui, Carbon Trading atau perdagangan karbon bakal menjadi pembahasan dalam beberapa tahun ke depan secara nasional maupun global. 

Mas Ipin, sapaan akrabnya, mengatakan lewat kerja sama tersebut diharapkan kedepan ketika apa yang dilakukan di Trenggalek terlihat hasilnya.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

"Kita menginginkan mendorong bagaimana inisiasi Kabupaten Trenggalek bisa melahirkan satu kebijakan konkret. Tujuannya dalam jangka waktu pendek menengah ini menjadi carbon neutral city," ungkapnya diterima VIVA Jatim, Kamis, 11 Januari 2024.

Dijelaskan Mas Ipin, Pemkab Trenggalek sendiri disisi kain juga sudah menyiapkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJMD) sampai tahun 2045. Yaitu salah satunya dengan sudah mencapai net zero carbon.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Menurut dia, kerjasama ini akan menjadi hal yang cukup positif dengan menyumbangkan pemikiran yang lebih adil dan setara bagi semua. Carbon trading bagi Kabupaten Trenggalek bisa menjadi skema fiskal yang baru melalui pembangunan yang berbasis lestari.

Tidak hanya itu, kerjasama kedepan tidak berisiko terhadap lingkungan hidup tetapi menghasilkan pendapatan. Pendapatan tersebut bisa dirasakan langsung oleh masyarakat 

Halaman Selanjutnya
img_title