Pahatan Sejarah Gemilang Timnas Indonesia Pernah Tumbangkan Jepang

Potret jadul tim sepak bola Hindia Belanda
Sumber :
  • viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Pada gelaran Piala Asia 2023, Timnas Jepang akan hadir menjadi salah satu lawan Timnas Indonesia. Diketahui, kini kekuatan Jepang kian mengerikan dan sulit dikalahkan.

Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23, Begini Komentar Erick Thohir

Fakta itu lantaran para pemain Jepang banyak yang bermain di liga-liga top Eropa. Selain itu, Samurai Blue juga tercatat sebagai langganan Piala Dunia.

Namun, tahukah kamu, dulunya Indonesia di atas Timnas Jepang? Bahkan, Skuad Garuda sempat tercatat mengalahkan Jepang dengan skor telak.

Timnas Indonesia U-23 Menggila, Lolos Semifinal Piala Asia Usai Bekuk Korsel

Dikutip dari VIVA, Sabtu, 13 Januari 2024, Indonesia pernah menggasak Jepang 7-1 di ajang Far Eastern Games 1934. World Football Elo Rating mengakui ini sebagai pertandingan perdana Timnas Indonesia di kancah internasional.

Saat itu, Indonesia masih mengusung nama Hindia Belanda. Hindia Belanda menggasak Jepang 7-1 dalam duel yang digelar di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina pada 13 Mei 1934.

Timnas Indonesia U-23 akan Lawan Korea Selatan Malam Ini, Berikut Live Streamingnya!

Dari pemain Hindia Belanda, Ludwich 'Loed' Jahn mencatat hattrick di menit 16,50, dan 65. Tio Hian Goan juga menorehkan hattrick di menit 37, 56 dan 68. Satu gol lainnya dicetak Tan Hong Dien di menit 27. Jepang hanya dikasih satu gol hiburan melalui Taizo Kawamoto di menit 52.

Sayang, dalam dua laga selanjutnya di Far Eastern Games, Hindia Belanda mengalami kekalahan. Mereka takluk 0-2 dari China lalu takluk 2-3 dari Filipina.

Halaman Selanjutnya
img_title