Elektabilitas PDIP hanya 2 Persen Lebih Unggul dari Gerindra, Terancam Gagal Hattrick

Ilustrasi lambang PDIP
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA JatimElektabilitas PDIP masih menempati posisi puncak berdasarkan Indikator Politik Indonesia. Namun, PDIP terancam akan gagal di 2024 untuk mencetak hattrick kemenangan karena elektabilitasnya hanya terpaut 2 persen dengan pesaingnya, Partai gerindra.

Kandidat Kuat Pilkada Kediri, Mas Dhito Fokus Kerja hingga Akhir Masa Jabatan

Berdasarkan survei dengan simulasi daftar 18 lambang dan nama partai menunjukkan elektabilitas PDIP berada di angka 20 persen, sementara Partai Gerindra dipilih oleh 18,1 persen.

"Ini sekaligus alarm buat PDI Perjuangan karena keinginan untuk mencapai hattrick di 2024 itu terancam oleh kehadiran Gerindra yang performanya meningkat dalam beberpa bulan terakhir," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi.

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

Partai Golkar berada di peringkat ketiga dengan 11,2 persen, PKB (9,1 persen), Nasdem (6,9 persen), PKS (6,2 persen) Partai Demokrat (4,6 persen) PAN (4,2 persen), dan sisanya kurang dari 4 persen.

Sementara dalam simulasi surat suara partai, PDIP atau calon dari PDIP paling banyak dipilih, yakni 21.5 persen, disusul Partai Gerindra (17,3 persen), Golkar (11,1 persen), PKB (9,2 persen), Nasdem (6,7 persen), PKS (5,9 persen), Partai Demokrat (5,6 persen) dan PAN (4,4 persen). Partai lain lebih rendah dan sekitar 11.8 persen belum memilih partai.

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

Burhanuddin menuturkan, berdasarkan tren, elektabilitas PDIP terus menurun dalam dua bulan terakhir. Sementara Gerindra dan Partai Golkar terus meningkat. "Trennya tetap turun. Jadi tren tetap turun buat PDI Perjuangan dan selisihnya dengan Gerindra itu dalam margin of error," ujarnya. 

Survei itu dilakukan terhadap 4.560 responden di seluruh Indonesia secara proporsional dengan oversample di 13 provinsi. Dengan asumsi metode stratified random sampling, ukuran sampel basis 4.560 responden memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sekitar ±2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.  

Halaman Selanjutnya
img_title