Usai Tabrak Mobil, Bus Harapan Jaya Nyungsep di Tol Surabaya-Mojokerto

Bus Harapan Jaya nyungsep di tol Surabaya-Mojokerto
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Insiden kecelakaan terjadi di jalur A Ruas Tol Surabaya-Mojokerto, tepatnya di KM 719. Bus Harapan Jaya nyungsep setelah sebelumnya menyeruduk mobil Mitsubishi Kuda, Kamis, 18 Januari 2024, sekitar pukul 09:15 WIB.

2 Perempuan Pengendara Scoopy di Surabaya Terpeleset Tertabrak Mobilio hingga Tewas di TKP

Kanit PJR Jatim III Ditlantas Polda Jatim, AKP Imam Sayfudin Rodji mengatakan, kecelakaan yang melibatkan Bus Hino Nopol AG-7639-US dan Mitsubishi Kuda nopol N-1866-AV tersebut terjadi karena pengemudi bus lalai.

"Di duga karena pengemudi bus kurang jaga jarak aman dan kurang konsentrasi sehingga terjadi laka lantas," kata AKP Imam dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim.

Perempuan Asal Probolinggo Tewas Disambar Kereta Api di Surabaya

Terkait kronologi kejadian, AKP Imam menyebut bahwa semula Mitsubishi Kuda mengalami pecah ban dan menepi di bahu jalan untuk melakukan pergantian ban. Di belakang ada kendaraan Brio yang mengurangi kecepatan untuk menghindari pecahan ban yang ada di lajur kiri.

"Sementara Bus Harapan Jaya yang berada di belakang mobil Brio dengan kecepatan tinggi diduga kurang konsentrasi dan jaga jarak aman sehingga tidak bisa menguasai kemudi oleng ke kanan menabrak pembatas beton tengah tol. Lalu oleng ke kiri menabrak mobil kijang yang ngeban di bahu jalan dan lanjut menabrak l guadrill pembatas kiri tol. Lompat terjun ke median jalan. Posisi terakhir menghadap ke utara di median jalan kiri tol," ungkapnya.

Pemotor di Mojokerto Tewas Tertabrak Truk Saat Hendak Belok di Jalan Menikung

Kecelakaan ini mengakibatkan 3 orang mengalami luka ringan. Di antaranya pengemudi bus mengalami lecet di jari kanan, dan dua penumpang luka ringan. Sementara 12 penumpang lainnya dalam kondisi sehat.

"Adapun kerugian materil, untuk kendaraan kurang lebih 35 juta. Kemudian sarana tol hingga saat ini masih proses penghitungan," tandasnya.