Atasi Banjir, Khofifah Resmikan Penambahan Pompa dan Genset di Pintu Air Kuro

Khofifah mengecek saluran air di Pintu Air Kuro
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Lamongan, VIVA Jatim – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan penambahan kapasitas pompa air dan genset di Pintu Air Kuro, Desa Kuro, Kecamatan Karangbinangun, Kabupaten Lamongan pada Senin, 22 Januari 2024 kemarin.

Santri Pesantren di Lamongan Diduga Dianiaya Teman, Tangan-kaki Diikat Lalu Dibanting

Peresmian ditandai dengan penekanan sirine dan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Khofifah didampingi Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Provinsi Jatim Baju Trihaksoro. Selanjutnya, mereka melakukan peninjauan.

Gubernur Khofifah mengatakan, ditambahnya daya pompa air dan genset serta rekonstruksi Pintu Air Kuro ini dapat mempercepat penurunan tinggi genangan banjir di wilayah Kabupaten Lamongan.

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

Karena diketahui saat hujan di wilayah Bengawan Jero terdapat sebanyak 59 desa di 8 kecamatan menjadi langganan banjir saat musim hujan. Durasi genangannya rata-rata 4 hingga 6 bulan setiap tahunnya.

"Tanggal 24 Februari 2023, saya bersama Bupati Lamongan melaksanakan kunjungan ke wilayah terdampak banjir di wilayah Bengawan Jero. Kunjungan saat itu untuk meninjau lapangan dan dilaksanakan upaya penanganan banjir Bengawan Jero melalui kolaborasi penanganan menurunkan tinggi genangan banjir antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Lamongan dan BBWS Bengawan Solo," ungkap Khofifah.

Yuhronur Efendi Daftar Cabup Lamongan ke Demokrat, Ingin Direkom Lagi

Peresmian Penambahan Kapasitas Pompa dan Genset di Pintu Air Kuro

Photo :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Kolaborasi itu dimulai dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo melakukan kajian. Karena, Bengawan Jero sendiri termasuk dalam wilayah Sungai Bengawan Solo yang menjadi kewenangan Pemerintah Pusat dalam hal ini BBWS.

Halaman Selanjutnya
img_title