Indeks Masyarakat Digital Jatim Meningkat, Gubernur Khofifah: Komitmen Tingkatkan Ekosistem Digital

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • Nur Faisal/ Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim- Berdasarkan data survey Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) Tahun 2023 Kementerian Kominfo, Indeks Masyarakat Digital Provinsi Jatim  mencapai 45,59. 

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Indeks Masyarakat Digital Jatim 2023 juga mengalami peningkatan sebesar 6,17 poin jika dibandingkan dengan tahun 2022 yakni sebesar 39,42. Angka tersebut melebihi angka nasional yakni 43,18. 

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan apresiasi dan juga terima kasihnya pada seluruh elemen strategis yang telah berkontribusi dalam meningkatkan iklim digital di Jatim.

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

"Allhamdulillah, Indeks Masyarakat Digital Jatim tahun 2023 mencapai 45,59 bahkan di atas Indeks masyarakat digital nasional. Capaian ini merupakan hasil kerja keras dan sinergitas dari seluruh stakeholder baik di pemerintahan maupun instansi yang sudah menerapkan sistem digital. Hal ini menjadi upaya kita bersama untuk terus meningkatkan iklim dan ekosistem digital di Jatim yang produktif,” kata Khofifah, Selasa 23 Januari 2023.

Lebih lanjut, Gubernur Khofifah menyampaikan, IMDI Jatim tersebut terdiri dari 4 pilar pendukung diantaranya pilar infrastruktur dan ekosistem, pilar keterampilan digital, pilar pemberdayaan dan pilar pekerjaan. Untuk pilar infrastruktur dan ekosistem mencapai 62,90. Untuk pilar keterampilan digital dengan nilai 60,34, pilar pemberdayaan 27,03 dan pekerjaan dengan jumlah nilai 30,17. 

IKA Unair Chapter Australia Diresmikan, Jadi yang Kelima di Luar Negeri

"Pilar-pilar yang ada ini menjadi acuan kita dalam mengevaluasi setiap program yang akan kita lakukan khususnya dalam bidang digitalisasi. Karena indeks masyarakat digital ini menjadi tolak ukur pengembangan SDM digital di Jawa Timur," katanya.

Gubernur Khofifah juga meminta agar peningkatan SDM digital juga perlu digencarkan. Hingga kini, Pemprov Jatim telah memberikan bekal pengetahuan dan kecakapan dalam menggunakan media digital kepada seluruh elemen masyarakat. 

Halaman Selanjutnya
img_title